Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rencana Presiden Baru Korsel Pindahkan Kantor Kepresidenan Picu Perdebatan Ahli Feng Shui

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 Maret 2022, 12:43 WIB
Rencana Presiden Baru Korsel Pindahkan Kantor Kepresidenan Picu Perdebatan Ahli Feng Shui
Presiden terpilih Korea Selatan, Yoon Suk-yeol/Net
rmol news logo Presiden terpilih Korea Selatan, Yoon Suk-yeol telah mengumumkan rencananya untuk memindahkan kantor kepresidenan dari Gedung Biru ke kompleks Kementerian Pertahanan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Selama pengumumannya pada Minggu (20/3), Yoon mengatakan langkah tersebut diambil agar kantor kepresidenan dapat lebih mudah diakses. Sementara nantinya Gedung Biru di Seoul akan dibuka untuk umum.

Markas besar Kementerian Pertahanan sendiri berada di lingkungan Yongsan, Seoul. Letaknya di sebelah bekas pangkalan militer Amerika Serikat (AS) yang telah ditutup.

Yoon mengatakan kompleks Kementerian Pertahanan sudah dilengkapi dengan fasilitas keamanan dan komando nasional yang baik, sehingga mudah untuk transisi di sana tanpa mengorbankan keamanan atau ketidaknyamanan penduduk.

"Ini sulit, tetapi ini adalah keputusan yang saya buat untuk masa depan negara," kata Yoon dalam konferensi pers, seperti dikutip Reuters.

"Saya dengan sungguh-sungguh meminta orang-orang untuk memahami bahwa ini bukan hanya relokasi tempat tetapi tekad saya untuk melayani orang-orang, bekerja dengan baik dan menepati janji saya dengan orang-orang," tambahnya.

Selain itu, Yoon juga akan memindahkan kediaman resmi presiden ke Hannam-song, lingkungan yang menampung banyak eksekutif bisnis dan diplomat.

Kementerian Ekonomi dan Keuangan memperkirakan langkah tersebut akan menelan biaya 49,6 miliar won, termasuk merelokasi kementerian pertahanan dan merenovasi kantor baru dan kediaman resmi.

Rencana Yoon mendapat reaksi beragam dari warga Korea Selatan, bahkan memicu perdebatan sengit di antara para ahli feng shui.

Ahli feng shui mengatakan lokasi Gedung Biru tidak menguntungkan. Empat dari enam presiden dalam 25 tahun sejarah demokrasi Korea Selatan telah dipenjara atau bunuh diri setelah meninggalkan jabatannya.

Namun pihak Yoon menolak bahwa rencana tersebut dipengaruhi faktor tersebut. Mereka mengatakan itu akan meningkatkan akses publik dan komunikasi dengan para stafnya. Sementara Gedung Biru sendiri telah menjadi "istana kerajaan" yang terisolasi dan tertutup oleh hutan dan keamanan yang ketat.

Presiden Moon Jae-in yang akan keluar juga sempat akan memindahkan kantor kepresidenan. Tetapi rencana tersebut dibatalkan karena alasan keamanan dan logistik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA