Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Sentil India yang Goyah karena Lebih Berpihak pada Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 22 Maret 2022, 09:36 WIB
Joe Biden Sentil India yang Goyah karena Lebih Berpihak pada Rusia
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tampaknya berusaha menegur India yang pendiriannya "goyah" terhadap konflik antara Rusia dan Ukraina.

Teguran tersebut ia sampaikan tanpa basa-basi ketika berpidato di sebuah pertemuan di Washington pada Senin (21/3), seperti dimuat India Today.

"Quad adalah - dengan kemungkinan pengecualian India yang agak goyah dalam beberapa hal, tetapi Jepang sangat kuat, begitu juga Australia - dalam hal berurusan dengan agresi (Presiden Rusia Vladimir) Putin," kata Biden.

India merupakan satu-satunya anggota Quad yang tidak memberlakukan sanksi, bahkan mengutuk invasi Rusia ke Ukraina. India juga abstain dalam pemungutan suara resolusi PBB untuk mendesak dihentikannya invasi Rusia.

Sebaliknya, India dilaporkan telah melakukan kesepakatan dengan Rusia untuk membeli minyak murah dari Moskow. Itu dilakukan di tengah gempuran sanksi yang diberlakukan Barat hingga membuat harga minyak meroket.

Selain Biden, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga telah mendorong India untuk membuat kebijakan yang tegas terhadap Rusia ketika ia mengunjungi New Delhi pekan lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA