Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Wang Yi: China dan Islam Punya Sejarah yang Mendalam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 22 Maret 2022, 10:37 WIB
Menlu Wang Yi: China dan Islam Punya Sejarah yang Mendalam
Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi bertemu di Islamabad, Pakistan, 21 Maret 2022/Net
rmol news logo China dan dunia Islam memiliki keinginan yang kuat untuk membangun kemitraan untuk persatuan, keadilan dan pembangunan.

Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengungkapkan itu selama konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi di Islamabad, Senin (22/1).

Diakui Wang, itu adalah pertama kali baginya untuk menghadiri, dalam kapasitasnya sebagai menteri luar negeri China, sesi ke-48 Dewan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang digelar di ibu kota Pakistan.

Dia mengatakan kehadirannya di acara OKI mencerminkan keinginan kuat China dan dunia Islam untuk lebih memperdalam kerja sama. Dia juga mengatakan tema pertemuan para menteri luar negeri OKI adalah 'Membangun Kemitraan untuk Persatuan, Keadilan dan Pembangunan' memiliki arti khusus dalam situasi internasional saat ini.

"China dan dunia Islam sama-sama menikmati sejarah yang mendalam, mencari nilai-nilai yang sama dan berbagi misi bersejarah," kata Wang, seraya menambahkan bahwa China siap membangun kemitraan dengan negara-negara Islam untuk saling mendukung dan memahami, seperti dikutip dari CGTN, Selasa (22/3).

"Kerja sama antara China dan dunia Islam adalah bagian penting dari kerja sama Selatan-Selatan," katanya.

Dalam menghadapi perubahan seratus tahun dan pandemi sekali dalam satu abad, Wang mengatakan perlu bagi China dan dunia Islam untuk menjalin hubungan yang lebih dekat, berbicara dengan satu suara dan menjaga kepentingan bersama mereka.

Memperhatikan tantangan yang dihadapi oleh sistem internasional dan norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional, Wang menyatakan kesediaan China untuk bekerja dengan dunia Islam untuk mengejar multilateralisme, menjaga kedaulatan, kemerdekaan dan martabat nasional semua negara, menjunjung tinggi tujuan dan prinsip Piagam PBB, dan memelihara keadilan dan keadilan dalam hubungan internasional.

Menggarisbawahi potensi besar dan keuntungan yang saling melengkapi dalam kerja sama antara China dan negara-negara Islam, Wang mengatakan China siap bergandengan tangan dengan teman-teman dunia Islam untuk memberikan kontribusi bagi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi global.

Pada konferensi pers bersama, Wang mengatakan dia telah mengadakan pembicaraan yang luas dan mendalam dengan Qureshi tentang hubungan bilateral.

Menteri luar negeri Pakistan juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban  kecelakaan pesawat China Eastern Airlines pada awal pembicaraan dengan menteri luar negeri China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA