Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keanggotaan Rusia di G20 Terancam Akibat Invasi ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Maret 2022, 09:42 WIB
Keanggotaan Rusia di G20 Terancam Akibat Invasi ke Ukraina
Salah satu rangkaian pertemuan G20 Indonesia tahun 2022/Net
rmol news logo Keanggotaan G20 Rusia terancam akibat keputusan Presiden Vladimir Putin untuk menginvasi Ukraina. Lantaran Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutu Barat sedang meninjau hal tersebut.

Kendati begitu, sumber yang dikutip Reuters pada Selasa (22/3) menyebut, setiap proposal untuk mendepak Rusia akan langsung diveto oleh China, India, Arab Saudi, dan lainnya.

Selain itu, kabar ini juga membuat beberapa negara enggan menghadiri pertemuan G20 tahun ini yang akan digelar di Indonesia.

"Ada diskusi tentang apakah pantas bagi Rusia untuk menjadi bagian dari G20. Jika Rusia tetap menjadi anggota, itu akan menjadi organisasi yang kurang berguna," kata sumber tersebut.

Penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengatakan pihaknya berencana untuk berkonsultasi dengan sekutu ketika ia ditanya apakah Presiden Joe Biden akan mendorong Rusia keluar dari G20 selama pertemuan G7 pada pekan ini.

"Kami percaya bahwa itu tidak bisa menjadi bisnis seperti biasa untuk Rusia di lembaga-lembaga internasional dan dalam komunitas internasional," ujarnya.

Secara terpisah, sumber Uni Eropa mengonfirmasi adanya pembahasan terkait status Rusia selama pertemuan G20 mendatang.

“Sudah sangat jelas bagi Indonesia bahwa kehadiran Rusia pada pertemuan tingkat menteri yang akan datang akan sangat bermasalah bagi negara-negara Eropa,” kata sumber tersebut.

Dorongan agar Rusia dikecualikan dari G20 juga disuarakan oleh Polandia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA