Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Hancurkan Lab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Chernobyl

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Maret 2022, 11:16 WIB
Rusia Hancurkan Lab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Chernobyl
Pabrik Chernobyl/Net
rmol news logo Sebuah laboratorium pengelolaan limbah radioaktif di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl dilaporkan telah dihancurkan oleh pasukan militer Rusia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut badan nasional Ukraina yang bertanggung jawab untuk mengendalikan Zona Pengecualian Chernobyl, laboratorium itu berisi sampel yang sangat aktif dan sampel radionuklida.

"Laboratorium itu berisi sampel yang sangat aktif dan sampel radionuklida yang sekarang berada di tangan musuh, yang kami harap akan membahayakan dirinya sendiri dan bukan dunia yang beradab," ujar badan tersebut, seperti dikutip The Week, Selasa (22/3).

Radionuklida adalah atom unsur kimia yang tidak stabil yang melepaskan radiasi.

Pada awal serangan, militer Rusia telah merebut Chernobyl yang dinonaktifkan pada awal perang. Badan pengatur menyebut saat ini monitor radiasi di sekitar pabrik Cherbyl telah berhenti bekerja.

Badan tersebut juga mengatakan tidak ada lagi petugas pemadam kebakaran yang tersedia di wilayah tersebut untuk melindungi hutan yang tercemar oleh radioaktif selama beberapa dekade saat cuaca menghangat.

Menteri sumber daya alam Ukraina mengatakan, di tengah pertempuran, kebakaran hutan bermunculan di sekitar Chernobyl. Namun api berhasil dipadamkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA