Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beijing Berharap Moskow dan Tokyo Perbaiki Hubungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 Maret 2022, 15:55 WIB
Beijing Berharap Moskow dan Tokyo Perbaiki Hubungan
Ilustrasi/Net
rmol news logo China berharap hubungan Rusia dan Jepang kembali membaik, setelah beberapa tahun belakangan nampak tegang dan memburuk.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin berharap akan ada normalisasi kontak antara Moskow dan Tokyo dalam waktu dekat.

"Kami telah memperhatikan tentang memburuknya hubungan antara Rusia dan Jepang. China berharap Moskow dan Tokyo bisa menyelesaikan masalah yang ada," katanya dalam pengarahan Selasa (22/3).

Namun begitu, Wang tidak memerinci langkah apa yang diharapkan Beijing dari kedua belah pihak.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, pada Selasa, mengeluhkan keputusan Moskow yang akan menghentikan negosiasi perjanjian damai dengan Tokyo.

Kishida mengatakan, keputusan itu tidak dapat diterima. Dia juga mengklarifikasi bahwa pemerintah Jepang tidak bermaksud merevisi anggaran untuk tahun fiskal 2022 (mulai 1 April), yang, khususnya, menyediakan pengembangan kerja sama ekonomi dengan Rusia, karena dana ini ditujukan untuk mendukung perusahaan nasional.
Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa pihak berwenang Rusia menghentikan negosiasi perjanjian damai dengan Tokyo karena tindakan sepihak Jepang terkait situasi di Ukraina.

Termasuk soal pulau-pulau yang disengketakan di Kepulauan Kuril. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA