Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Telepon, Presiden Yoon Suk-yeol dan Xi Jinping Tegaskan Komitmen 30 Tahun Hubungan China-Korsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 Maret 2022, 07:38 WIB
Lewat Telepon, Presiden Yoon Suk-yeol dan Xi Jinping Tegaskan Komitmen 30 Tahun Hubungan China-Korsel
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol /Net
rmol news logo Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol melakukan percakapan via telepon dengan Presiden China Xi Jinping pada Jumat sore (25/3) waktu setempat.

Kesempatan itu sekali lagi dimanfaatkan Xi untuk kembali menyampaikan selamat kepada Yoon atas terpilihnya dia sebagai presiden Korea Selatan.

Perkembangan hubungan bilateral kedua negara kemudian menjadi topik utama percakapan kedua pemimpin sore itu.

"Dengan upaya bersama dari kedua belah pihak, hubungan bilateral telah berkembang pesat secara menyeluruh, dan kedua negara telah menjadi mitra strategis," kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (26/3).

"Fakta telah membuktikan bahwa perkembangan hubungan China-Korea Selatan sesuai dengan kepentingan mendasar kedua negara dan rakyatnya, dan mempromosikan perdamaian dan pembangunan regional," tambahnya.

Menandai peringatan 30 tahun hubungan diplomatik bilateral, Xi mengatakan kedua belah pihak harus mengambil kesempatan untuk menjunjung tinggi rasa saling menghormati, memperkuat rasa saling percaya politik, meningkatkan persahabatan antar masyarakat dan mendorong pembangunan yang stabil dan hubungan jangka panjang China-Korea Selatan.

Xi menekankan bahwa saat ini, masyarakat internasional menghadapi berbagai tantangan, dengan mengatakan bahwa China dan Korea Selatan memikul tanggung jawab dalam menjaga perdamaian regional dan mempromosikan kemakmuran dunia.

Pihak China siap bekerja sama dengan Korea Selatan dalam memperkuat kerja sama internasional dan regional, serta melakukan upaya aktif untuk memastikan stabilitas dan kelancaran industri global dan rantai pasokan" katanya.

Sementara itu, Yoon pada bagiannya memberi selamat kepada China atas keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin, juga atas pencapaian pembangunan utama negara yang dibuat di bawah kepemimpinan Presiden Xi.

"Korea Selatan dan China menikmati sejarah panjang pertukaran persahabatan," kata Yoon, mencatat bahwa selama 30 tahun sejak pembentukan hubungan diplomatik bilateral, kedua negara telah membuat pencapaian besar dalam kerja sama bilateral di berbagai bidang, membawa manfaat nyata bagi rakyat kedua negara.

"Penguatan kerja sama kedua negara kondusif bagi terwujudnya pembangunan masing-masing, bermanfaat bagi rakyatnya, dan juga akan berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas regional di Asia Timur Laut," lanjutnya.

"Korea Selatan siap untuk menjaga pertukaran tingkat tinggi yang erat dengan China untuk meningkatkan rasa saling percaya, mempromosikan persahabatan orang-ke-orang dan mendorong hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi," demikian Yoon. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA