Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ilmuwan Temukan Mikroplastik dalam Darah Manusia untuk Pertama Kalinya

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 27 Maret 2022, 15:35 WIB
Ilmuwan Temukan Mikroplastik dalam Darah Manusia untuk Pertama Kalinya
Ilustrasi/Net
Untuk pertama kalinya, para ilmuwan menemukan mikroplastik dalam darah manusia. Partikel tersebut dinilai akan sangat berdampak pada kesehatan.

Penemuan itu dilakukan oleh para peneliti di Belanda, dan telah diterbitkan dalam jurnal Environment International pada Kamis (24/3).

Para peneliti melakukan pemeriksaan sampel darah dari 22 sukarelawan sehat tanpa nama, dan menemukan mikroplastik di hampir 80 persen dari mereka.

"Ini adalah pertama kalinya kami benar-benar dapat mendeteksi dan mengukur mikroplastik semacam itu dalam darah manusia," ujar ahli ekotoksikologi di Vrije Universiteit Amsterdam, Dick Vethaak.

Dikutip AFP, setengah dari sampel darah menunjukkan jejak plastik PET, yang banyak digunakan untuk membuat botol minuman. Sementara lebih dari sepertiga mengandung polistirena yang digunakan untuk wadah makanan sekali pakai dan banyak produk lainnya.

"Ini adalah bukti bahwa kita memiliki plastik di tubuh kita, dan kita seharusnya tidak melakukannya," kata Vethaak.

"Ke mana perginya itu di dalam tubuhmu? Bisakah itu dihilangkan? Diekskresikan? Atau apakah itu tertahan di organ tertentu, mungkin terkumulasi, atau bahkan mampu melewati sawar darah otak?" tambahnya.

Studi tersebut mengatakan mikroplastik bisa masuk ke tubuh melalui banyak rute, melalui udara, air atau makanan, tetapi juga dalam produk seperti pasta gigi tertentu, lip glosses dan tinta tato.

"Hal ini masuk akal secara ilmiah bahwa partikel plastik dapat diangkut ke organ melalui aliran darah," tambah studi tersebut.

Vethaak juga mengatakan mungkin ada jenis mikroplastik lain dalam darah yang tidak diambil oleh penelitiannya, misalnya tidak dapat mendeteksi partikel yang lebih besar dari diameter jarum yang digunakan untuk mengambil sampel.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA