Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Balas Sikap Beijing, Scott Morrison Tolak Mentah-mentah Ajakan Dubes China untuk Bertemu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 28 Maret 2022, 06:26 WIB
Balas Sikap Beijing, Scott Morrison Tolak Mentah-mentah Ajakan Dubes China untuk Bertemu
Perdana Menteri Australia Scott Morrison/Net
rmol news logo Keinginan Duta Besar China untuk Australia Xiao Qian untuk bertemu Scott Morrison, mendapat penolakan dari sang perdana Menteri.

Morrison mengatakan penolakan itu wajar dan pantas, karena selama ini China terus-menerus menolak berdiskusi dengan para menteri dan dirinya sendiri.

"Selama ini, China terus menolak untuk berdialog dengan menteri dan perdana menteri Australia. Saya pikir (penolakan)  itu adalah respons yang sepenuhnya proporsional," kata Morrison saat menjelaskan keputusannya kepada wartawan, seperti dikutip dari 9News, Minggu (27/3).

Sebagai perdana menteri, agaknya Morrison tidak ingin dianggap lemah oleh China. Penolakannya bertemu dengan Duta Besar China merupakan pesan jelas bagi China.

"Dengan Beijing memblokir kontak menteri-ke-menteri, rakyat Australia akan melihatnya sebagai sangat tidak pantas bagi saya untuk terlibat dalam dialog itu dengan seorang duta besar,” kata Morrison.

Xiao akhirnya mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne.  

Ini tidak menghasilkan terobosan diplomatik, tetapi masih menjadi pertemuan paling terkenal antara pejabat dari dua saingan Pasifik dalam hampir dua tahun.

Selama pertemuannya dengan perwakilan sektor swasta dalam beberapa pekan terakhir, duta besar menyampaikan pesan kepada otoritas Australia dari Presiden China Xi Jinping.

“Australia telah memperlakukan China seperti musuh. Australia harus memutuskan apakah mereka musuh China atau teman China,” kata Xiao mengutip pesan Xi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA