Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

20 Tahun Kunjungan Megawati ke Pyongyang, Bukti Persahabatan Indonesia dan Korea

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 29 Maret 2022, 20:07 WIB
20 Tahun Kunjungan Megawati ke Pyongyang, Bukti Persahabatan Indonesia dan Korea
Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il/Net
rmol news logo Indonesia dan Korea Utara memiliki sejarah hubungan yang istimewa, khususnya di bawah pemerintahan presiden pertama RI, Soekarno dan putrinya, Megawati Soekarnoputri.

Hari ini, Selasa (29/3), adalah hari yang bermakna karena menandai 20 tahun reuni Kim Jong Il dan Megawati yang ketika itu mengunjungi Korea Utara.

Hubungan Megawati dan Korea Utara sendiri tidak dapat terlepas dari sang ayah yang memiliki persahabatan baik dengan Kim Il Sung.

Pada April 1965, Kim Jong Il menemani Kim Il Sung melakukan kunjungan persahabatan resmi ke Indonesia atas undangan Soekarno. Saat itu, Megawati menjadi saksi persahabatan keduanya.

Sekitar 37 tahun kemudian, pada 28 hingga 30 Maret 2022, Megawati mengunjungi Korea Utara, dan bertemu kembali dengan Kim Jong Il di Pyongyang.

Dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri Korea Utara, ketika itu Kim Jong Il menyambut Megawati dengan hangat, seperti bertemu sahabat lama.

Kim Jong Il disebut menghadiahkan Megawati sebuah DVD yang merekam kunjungan Kim Il Sung ke Indonesia, DVD rekaman kunjungan Soekarno ke Korea, dan perhiasan. Sebaliknya, Megawati menghadiahkan karya seni "Dua Gadis Bali" kepada Kim Jong Il.

Kunjungan Megawati itu juga menjadi salah satu titik bersejarah untuk memperkuat hubungan persahabatan dan kerjasama antara Korea dan Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA