Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teguh Santosa: Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Korut adalah Jaminan Perdamaian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 Maret 2022, 17:23 WIB
Teguh Santosa: Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Korut adalah Jaminan Perdamaian
Uji coba ICBM Hwangso-17 oleh Korea Utara pada 24 Maret 2022/RMOL
rmol news logo Uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwangso-17 oleh Korea Utara pada 24 Maret lalu merupakan upaya Pyongyang untuk menjamin keamanannya di kawasan.

Begitu yang dikatakan oleh Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia dan Korea (PPIK), Teguh Santosa dalam keterangan tertulisnya yang dikutip dari situs Asia Pacific Regional Committee for Peaceful Reunification of Korea, www.aprcprk.org, Kamis (30/3).

Teguh menekankan, keamanan sebuah negara tidak dapat bergantung pada negara lain, baik itu musuh maupun sekutu. Sebaliknya, keamanan negara adalah tanggung jawab seluruh elemen dalam negara itu sendiri.

"Tidak ada pilihan selain membangun kapasitas ke level yang dapat menjamin keamanan dan kedaulatan negara," ujar CEO RMOL Network itu.

Untuk itu, ia menegaskan, PPIK mendukung uji coba ICBM Hwangso-17 oleh Korea Utara untuk menunjukkan kemampuan militer, keamanan, dan pertahanan sebagai upaya melindungi diri.

Langkah tersebut dinilai dibutuhkan mengingat ketegangan yang meningkat di banyak bagian dunia dalam beberapa waktu terakhir.

"Kemampuan militer yang ditunjukkan oleh RRDK (Republik Rakyat Demokratik Korea) kepada masyarakat internasional merupakan bagian dari jaminan perdamaian di kawasan," tambah dia.

"Oleh karena itu, Perhimpunan Persahabatan Indonesia dan Korea mendukung peluncuran Hwangso-17," imbuh dosen hubungan internasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Peluncuran Hwangso-17 dilakukan di Bandara Internasional Pyongyang pada 24 Maret 2022, dan disaksikan langsung oleh Ketua Umum Partai Pekerja Korea, Kim Jong Un. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA