Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ditolak Hadiri Sidang Tertutup Jurnalis Cheng Lei, Dubes Australia untuk China: Kami Prihatin dan Tidak Puas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 01 April 2022, 08:11 WIB
Ditolak Hadiri Sidang Tertutup Jurnalis Cheng Lei, Dubes Australia untuk China: Kami Prihatin dan Tidak Puas
Duta Besar Australia Graham Fletcher/Net
rmol news logo Upaya Duta Besar Australia Graham Fletcher untuk menghadiri proses persidangan pembawa acara TV Australia Cheng Lei, ditolak pihak pengadilan Beijing.

Perwakilan Australia untuk China itu mengaku sangat kecewa dan mengatakan kepada media bahwa ia prihatin dan tidak puas atas penolakan tersebut.

"Kami tidak dapat mempercayai keabsahan proses yang dilakukan secara rahasia," katanya, seperti dikutip dari 9News, Jumat (1/4), seraya menambahkan bahwa Australia tidak memiliki informasi tentang tuduhan terhadap Cheng yang diduga berbagi informasi rahasia.

"Itu adalah bagian dari alasan mengapa kami sangat khawatir, kami tidak memiliki dasar untuk memahami mengapa dia ditahan," katanya.

Proses persidangan Cheng pada Kamis (31/3) berjalan ketat. Petugas keamanan termasuk polisi berseragam dan personel keamanan berpakaian preman berada di luar Pengadilan Menengah Rakyat No.2 di Beijing di mana Cheng akan diadili.

Polisi, yang telah menutup area dekat pintu masuk utara pengadilan, memeriksa identitas jurnalis dan meminta mereka untuk pindah.

Hal ini lumrah, karena di China kasus-kasus yang berkaitan dengan keamanan nasional biasanya diadili secara tertutup.

Cheng, mantan pembawa acara CGTN, dituduh secara ilegal memasok rahasia negara ke luar negeri, yang membawa kemungkinan hukuman antara lima tahun hingga seumur hidup penjara.

Cheng telah ditahan sejak Agustus 2020, dan para pengamat telah menyuarakan keprihatinan atas proses pengadilan rahasia.

Para pengamat mengatakan iklim politik yang tegang antara China dan Australia tampaknya berperan dalam penahanan dan penangkapan Cheng. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA