Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Proses Pencarian Selesai, CAAC Temukan 49.117 Puing Pesawat China Eastern Airlines

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 April 2022, 10:23 WIB
Proses Pencarian Selesai, CAAC Temukan 49.117 Puing Pesawat China Eastern Airlines
Proses pencarian puing-puing pesawat China Eastern Airlines yang jatuh di area pegunungan di Provinsi Guangxi, China pada 21 Maret 2022/Net
rmol news logo Setelah kurang lebih 10 hari proses pencarian dilakukan, otoritas China telah mengumpulkan puluhan ribu keping pesawat China Eastern Airlines yang jatuh di area pegunungan di Provinsi Guangxi.

Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) menyebut ada 49.117 kepingan pesawat Boeing 737-800 yang telah ditemukan di sekitar lokasi kejadian.

Direktur Keselamatan Penerbangan CAAC, Zhu Tao mengatakan bagian-bagian penting termasuk penstabil horizontal, mesin, dan sisa-sisa ujung sayap kanan.

Dua black box atau kotak hitam yang berisi perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit juga telah ditemukan dan dikirim ke Beijing untuk pemeriksaan dan analisis.

Zhu mengatakan laporan penyelidikan awal akan diselesaikan dalam waktu 30 hari sejak kecelakaan 21 Maret.

Mengutip seorang pejabat pemerintah Guangxi, Xinhua melaporkan tim pencari telah menggali lebih dari 22 ribu meter kubik tanah untuk menemukan puing-puing tersebut.

Kondisi hujan dan lokasi berlumpur di lereng pegunungan yang terpencil dan terjal juga mempersulit proses pencarian.

Pesawat China Eastern Airlines dengan kode penerbangan MU5735 jatuh dari ketinggian 29 ribu kaki menghantam daratan hanya dalam waktu sekitar satu menit pada Senin siang (21/3).

Ketika itu, pesawat rute Kunming menuju Guangzhou tersebut membawa 132 orang, yang terdiri dari 123 penumpang dan sembilan kru.

Akibat dari hantaman pesawat, tercipta kawah sedalam 20 meter di lokasi kejadian. Insiden itu juga memicu kebakaran hujan di sekitarnya dan menghancurkan pesawat menjadi bagian-bagian kecil yang tersebar di area yang luas, beberapa di antaranya terkubur di bawah tanah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA