Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diminta Khusus Zelensky, Australia Kirim Bushmaster ke Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 April 2022, 11:50 WIB
Diminta Khusus Zelensky, Australia Kirim Bushmaster ke Ukraina
Kendaraan lapis baja Bushmaster/Net
Australia telah sepakat untuk mengirim kendaraan militer Bushmaster ke Ukraina atas permintaan Presiden Volodymyr Zelensky.

Permintaan tersebut secara khusus disampaikan oleh Zelensky kepada parlemen federal Australia pada Kamis (31/3). Itu dilakukan demi membantu pertahanan lapis baja Ukraina melawan pasukan Rusia.

“Kita harus menghentikan niat apapun dari Rusia untuk melawan sanksi. Yang terpenting, kita harus menjaga para pahlawan yang memerangi orang-orang ini tetap bersenjata,” ujar Zelensky ketika itu.

“Misalnya, Anda memiliki kendaraan pribadi bersenjata yang sangat baik, pemilik hutan, yang dapat membantu Ukraina secara substansial," tambahnya, seperti dikutip Sky News.

Menanggapi Zelensky, Perdana Menteri Australia Scott Morrison memberikan dukungan untuk Ukraina.

Keesokan harinya, Morrison mengkonfirmasi Australia akan mengirim dukungan militer lebih lanjut, termasuk Bushmasters yang secara khusus diminta Zelensky.

“Kami akan mengirimkan kendaraan lapis baja, juga Bushmaster, dan kami akan menerbangkan mereka ke sana dengan C-17,” kata Morrison.

Australia telah memberikan 116 juta dolar AS bantuan militer untuk Angkatan Bersenjata Ukraina. Pada Kamis, Australia juga mengumumkan tambahan 25 juta dolar AS bantuan militer defensif.

Selain dukungan militer, Australia telah menyediakan 65 juta dolar AS untuk bantuan kemanusiaan, 70 ribu ton batu bara untuk membantu Ukraina.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA