Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Bantah Jadi Dalang Konspirasi Penggulingan PM Pakistan Imran Khan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 01 April 2022, 15:28 WIB
AS Bantah Jadi Dalang Konspirasi Penggulingan PM Pakistan Imran Khan
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) membantah tudingan dari Perdana Menteri Pakistan Imran Khan bahwa Washington terlibat dalam konspirasi untuk menggulingkannya.

Tudingan tersebut muncul dari mulut Khan pada Kamis (31/3), menjelang mosi tidak percaya di parlemen terkait kekuasaannya.

Khan mengatakan AS merupakan bagian dari konspirasi untuk menggulingkannya karena pemerintahannya memiliki kebijakan luar negeri yang independen. Ia kemudian menyalahkan partai-partai oposisi Pakistan yang disebutnya sebagai "antek kekuatan asing".

Menanggapi hal tersebut, jurubicara Gedung Putih Kate Bedingfield buka suara.

"Sama sekali tidak ada kebenaran atas tuduhan itu," ujarnya kepada wartawan, seperti dikutip Anadolu Agency, Jumat (1/4).

Oposisi gabungan, yang dipimpin oleh Partai Rakyat Pakistan dan Liga Muslim Pakistan-Nawaz, mengajukan mosi tidak percaya terhadap Khan pada 8 Maret. Pemungutan suara diharapkan dilakukan pada 3 April.

Tehreek-e-Insaf Pakistan yang yang digawangi Khan memiliki 155 anggota di Majelis Nasional yang beranggotakan 342 orang. Membutuhkan setidaknya 172 anggota parlemen untuk memegang kekuasaan.

Sekitar dua lusin anggota parlemen Khan sendiri juga telah mengumumkan dukungan untuk oposisi, yang sekarang mengklaim memiliki mayoritas di majelis rendah parlemen dan telah meminta perdana menteri untuk mundur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA