Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sindir Keras Putin, Paus Fransiskus: Ada Penguasa yang Mengobarkan Konflik Demi Kepentingan Nasionalis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 03 April 2022, 09:43 WIB
Sindir Keras Putin, Paus Fransiskus: Ada Penguasa yang Mengobarkan Konflik Demi Kepentingan Nasionalis
Paus Fransiskus/Net
rmol news logo Paus Fransiskus telah menyatakan niat untuk mengunjungi Kyiv sebagai dukungan kepada Ukraina. Sebaliknya, ia juga tampaknya mengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin yang dianggap bertanggung jawab atas terjadinya perang.

Kritikan kepada Putin muncul secara implisit ketika paus menyampaikan pidato di istana kepresidenan Malta pada Sabtu (2/4).

"Dari timur Eropa, dari negeri matahari terbit, bayang-bayang gelap perang kini telah menyebar. Kami mengira bahwa invasi negara lain, pertempuran jalanan yang biadab, dan ancaman atom adalah kenangan suram dari masa lalu yang jauh," kata paus, seperti dikutip Reuters.

Paus mengatakan, "angin dingin perang" telah membawa kematian, kehancuran, dan kebencian yang mempengaruhi semua orang.

"Sekali lagi, beberapa penguasa, sayangnya terperangkap dalam klaim anakronistik dari kepentingan nasionalis, memprovokasi dan mengobarkan konflik, sedangkan orang-orang biasa merasakan kebutuhan untuk membangun masa depan yang, akan dibagi, atau tidak sama sekali," tambahnya, tanpa menyebut nama.

Paus Fransiskus menyampaikan pidato sambil duduk setelah berjalan tertatih-tatih di istana kepresidenan Malta. Itu merupakan kunjungan paus pertama ke luar negeri setelah ia dilaporkan menderita rasa sakit di lututnya.

Rusia memulai invasi ke Ukraina dengan apa yang disebut sebagai "Operasi Militer Khusus" pada 24 Februari lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA