Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kisruh Politik Pakistan, Ada Empat Nama Pengganti PM Imran Khan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 04 April 2022, 12:55 WIB
Kisruh Politik Pakistan, Ada Empat Nama Pengganti PM Imran Khan
Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan/Net
Kisruh politik di Pakistan memicu pertanyaan siapa yang akan menjadi penerus Imran Khan sebagai perdana menteri, setelah ia mengajukan pemilihan cepat.

Di tengah upaya parlemen untuk melakukan pemungutan suara terkait mosi tidak percaya terhadap Khan pada Minggu (3/4), Majelis Nasional dibubarkan, memicu kemarahan oposisi.

Beberapa saat setelahnya Khan mengajukan gagasan untuk pemilihan cepat. Sehingga saat ini Mahkamah Agung tengah meninjaunya.

Dikutip dari One India, ada empat nama yang munccul untuk bersaing menjadi PM Pakistan berikutnya.

1. Shahbaz Syarif

Pemimpin oposisi di Majelis Nasional, Shahbaz Syarif. Ia adalah calon terdepan yang akan menggantikan Khan jika proses penggulingan sukses.

Syarif merupakan saudara dari mantan PM Pakistan Nawaz Shariff. Pria 70 tahun ini tiga kali menjabat sebagai Ketua Menteri Punjab. Ia dikenal sebagai administrator yang tangguh. Namun kehidupan pribadinya memicu kontroversi, termasuk banyaknya pernikahan dan properti di London dan Dubai.

2. Asif Ali Zardari

Asif Ali Zardari merupakan Presiden Pakistan periode 2008-2013. Berasal dari keluarga kaya Sindh, dia menjadi pusat perhatian setelah pernikahannya dengan Benazir Bhutto.

Dia dipenjara dua kali atas tuduhan korupsi, penyelundupan narkoba dan pembunuhan. Pengamat politik menuduh pemerintahannya korupsi dan kronisme.

3. Bilawal BhuttoZardari

Bilawal Bhutto Zardari adalah Ketua Partai Rakyat Pakistan saat ini. Ia adalah putra dari mantan Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto dan mantan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari.

Zardari menjadi anggota Majelis Nasional Pakistan pada 13 Agustus 2018. Dia adalah pendukung kuat "Pakistan yang damai, progresif, makmur, demokratis", apa yang dia sebut sebagai visi ibunya. Dia populer di kalangan anak muda.

4. Maulana Fazlur Rehman

Maulana Fazlur Rehman adalah seorang fundamentalis Islam yang telah menjadi penjabat presiden Gerakan Demokratik Pakistan (PDM), sebuah koalisi partai politik yang dibentuk untuk melawan pemerintahan Pakistan Tehreek-e-Insaf yang berkuasa dari Imran Khan.

Selama bertahun-tahun, ia telah berusaha untuk mengubah citra dirinya sebagai seorang moderat tanpa koneksi ke ekstremis agama dan garis keras.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA