Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Turunkan Hubungan Diplomatik dengan Rusia, Lithuania dan Latvia Perintahkan Dubes Moskow Angkat Kaki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 05 April 2022, 07:17 WIB
Turunkan Hubungan Diplomatik dengan Rusia, Lithuania dan Latvia Perintahkan Dubes Moskow Angkat Kaki
Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis/Net
rmol news logo Di tengah berkecamuknya konflik antara Rusia dan Ukraina, dua negara Baltik, Lithuania dan Latvia telah mengumumkan keputusan untuk menurunkan hubungan diplomatik mereka dengan negeri Beruang Merah, memerintahkan duta besar Moskow untuk meninggalkan kedua negara tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis, mengumumkan pada Senin (4/4) bahwa perwakilan diplomatik Lithuania juga akan ditarik dari Moskow dalam beberapa hari mendatang.

Vilnius juga memutuskan untuk menutup konsulat Rusia di kota Klaipeda.

“Menanggapi tindakan agresif Rusia yang tak henti-hentinya di Ukraina, pemerintah Lituania telah membuat keputusan untuk menurunkan status perwakilan diplomatik,” kata Landsbergis kepada wartawan, seperti dikutip dari RT.
 
“Duta Besar Rusia harus meninggalkan Lithuania,” tambahnya.

Tak lama setelah pengumuman Landsbergis, Menteri Luar Negeri Latvia, Edgars Rinkevics, mentweet bahwa Riga juga akan menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Moskow, sehubungan dengan “kejahatan yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia di Ukraina.”

Dia menambahkan bahwa pihaknya akan mengumumkan keputusan khusus setelah prosedur internal selesai. Ini kemungkinan berarti bahwa Latvia juga akan mengusir duta besar Rusia dan menarik duta besar Rusia dari Moskow.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova telah menanggapi hal itu, mengatakan bahwa Rusia juga akan melakukan tindakannya.

"Akan ada tindakan pembalasan, tidak akan lama lagi ," katanya.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA