Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Prancis Le Drian: Peristiwa di Ukraina Telah Membangkitkan NATO, Membangunkan UE dan Menguatkan Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 06 April 2022, 07:40 WIB
Menlu Prancis Le Drian: Peristiwa di Ukraina Telah Membangkitkan NATO, Membangunkan UE dan Menguatkan Ukraina
Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian/Net
rmol news logo Invasi Rusia berdampak besar bagi Ukraina dan negara-negara lain. Selain menciptakan kehancuran, ini juga membangkitkan banyak kekuatan.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengatakan kesedihan dan keprihatinannya terhadap operasi militer Rusia di Ukraina. Namun, menurutnya ada banyak pelajaran dan juga hikmah atas peristiwa itu. 

Menurutnya, peristiwa di Ukraina telah membangkitkan tiga perubahan kekuatan.

“Itu (operasi Rusia) telah menyebabkan kebangkitan di tiga arah. Pertama, telah memperkuat bangsa Ukraina, kedua membangkitkan NATO dan ketiga membangunkan Uni Eropa," kata Le Drian, dalam sebuah wawancara dengan Die Welt.

Uni Eropa menjadi lebih bersatu, bersama-sama menggalang dukungan dengan satu suara. Begitu juga dengan NATO yang semakin solid dan Ukraina dan semakin menunjukkan persatuannya.

"Eropa telah menegaskan dirinya sebagai kekuatan, tetap bersatu dan membuktikan bahwa ia dapat dengan cepat membuat keputusan yang berjangka panjang. Eropa yang sekarang tidak sama dengan Eropa sebelum operasi Rusia di Uraina," ujar Le Drian.

Ia menggarisbawahi kebangkita UE yang sekarang yaitu berani untuk mengakhiri ketergantungan energinya dari Rusia. UE juga semakin memperkuat pertahanannya, dengan menyetujui strategi pertahanan UE; EU Strategic Compass dengan membentuk pasukan respons cepat.

“Dan, yang terakhir namun tidak kalah pentingnya: perang juga telah membangkitkan kembali NATO,” ujar Le Drian.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA