Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menlu Prancis Le Drian: Peristiwa di Ukraina Telah Membangkitkan NATO, Membangunkan UE dan Menguatkan Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 06 April 2022, 07:40 WIB
Menlu Prancis Le Drian: Peristiwa di Ukraina Telah Membangkitkan NATO, Membangunkan UE dan Menguatkan Ukraina
Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian/Net
Invasi Rusia berdampak besar bagi Ukraina dan negara-negara lain. Selain menciptakan kehancuran, ini juga membangkitkan banyak kekuatan.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengatakan kesedihan dan keprihatinannya terhadap operasi militer Rusia di Ukraina. Namun, menurutnya ada banyak pelajaran dan juga hikmah atas peristiwa itu. 

Menurutnya, peristiwa di Ukraina telah membangkitkan tiga perubahan kekuatan.

“Itu (operasi Rusia) telah menyebabkan kebangkitan di tiga arah. Pertama, telah memperkuat bangsa Ukraina, kedua membangkitkan NATO dan ketiga membangunkan Uni Eropa," kata Le Drian, dalam sebuah wawancara dengan Die Welt.

Uni Eropa menjadi lebih bersatu, bersama-sama menggalang dukungan dengan satu suara. Begitu juga dengan NATO yang semakin solid dan Ukraina dan semakin menunjukkan persatuannya.

"Eropa telah menegaskan dirinya sebagai kekuatan, tetap bersatu dan membuktikan bahwa ia dapat dengan cepat membuat keputusan yang berjangka panjang. Eropa yang sekarang tidak sama dengan Eropa sebelum operasi Rusia di Uraina," ujar Le Drian.

Ia menggarisbawahi kebangkita UE yang sekarang yaitu berani untuk mengakhiri ketergantungan energinya dari Rusia. UE juga semakin memperkuat pertahanannya, dengan menyetujui strategi pertahanan UE; EU Strategic Compass dengan membentuk pasukan respons cepat.

“Dan, yang terakhir namun tidak kalah pentingnya: perang juga telah membangkitkan kembali NATO,” ujar Le Drian. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA