Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rumania Balas Kecam Moskow: Jangan Tergesa-gesa Menuduh Insiden di Gerbang Kedubes Rusia sebagai Serangan Teroris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 07 April 2022, 07:12 WIB
Rumania Balas Kecam Moskow: Jangan Tergesa-gesa Menuduh Insiden di Gerbang Kedubes Rusia sebagai Serangan Teroris
Kementerian Luar Negeri Rumanis/Net
rmol news logo Tragedi pria yang menabrakkan mobilnya ke pagar Kedutaan Besar Rusia di Bucharest lalu membakar dirinya, menjadi fokus sorotan pemerintah Rumania dan Rusia, dan membuat hubungan kedua negara semakin memanas.

Rumania melalui Kementerian Luar Negeri mendesak semua pihak agar menunggu hasil penyelidikan resmi atas insiden tersebut, sebelum menduga-duga atau mengeluarkan klaim di tengah memanasnya situasi antara Rumania dan Rusia.

"Kementerian Luar Negeri (Rumania) menolak sikap Kedutaan Besar Rusia di Bucharest yang mengatakan insiden menyedihkan di gerbang Kedubes, yang terjadi pada Rabu dini hari sebagai serangan teroris," bunyi pernyataan dari Kementerian.

Kementerian menilai setiap perkiraan atas insiden ini, sebelum keluar hasil penyelidikan, adalah  tindakan tergesa-gesa. "Sama sekali tidak pantas dan tidak relevan," tambah pernyataan itu.

Aksi penabrakan dan bakar diri dilakukan seorang pria di depan Kedutaan Besar Rusia di Bucharest, Rumania, pada Rabu pagi (6/4) waktu setempat. Pria yang diidentifikasi sebagai Bogdan Draghici menabrakkan mobilnya ke pagar yang melindungi Kedubes Rusia di Bucharest, sebelum menyiram dirinya dengan bensin dan membakar diri.

Dragichi dilaporkan ditemukan tewas di dalam kendaraan yang hangus ketika layanan darurat tiba.

Pria itu diketahui sebagai orang yang tidak menyukai operasi militer Rusia di Ukraina. Dua hari sebelum kejadian dia bahkan sempat mengunggah ungkapan protesnya di Facebook. Tidak ada korban lain yang dilaporkan dalam serangan itu.

Duta Besar Rusia untuk Rumania Valery Kuzmin mengatakan, "serangan menabrak mobil di pintu masuk gedung Kedutaan Besar Rusia di Bucharest, layak diklasifikasikan sebagai serangan teroris."

Serangan terjadi tak lama setelah Rumania mengumumkan pengusiran diplomat Rusia sebagai tindakan tegas atas invasi Rusia ke Ukraina dan atas dugaan kejahatan perang di Bucha.

Kedutaan Rusia di Rumania belakangan berulang kali menerima ancaman dan peringatan langsung sejak invasi Rusia. Hubungan Rumania dengan Rusia pun semakin tegang setelah negara itu bergabung dengan negara Eropa lainnya untuk mengutuk invasi Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA