Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masih Beroperasi di Rusia, TotalEnergies Didesak untuk Dicoret dari Daftar Sponsor Piala Dunia Rugbi 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sulthan-nabil-herdiatmoko-1'>SULTHAN NABIL HERDIATMOKO</a>
LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Kamis, 07 April 2022, 08:45 WIB
Masih Beroperasi di Rusia, TotalEnergies Didesak untuk Dicoret dari Daftar Sponsor Piala Dunia Rugbi 2023
Ilustrasi/Net
rmol news logo Organisasi pemerhati lingkungan internasional, Greenpeace, mendesak penyelenggara Piala Dunia Rugbi 2023 untuk mencabut TotalEnergies dari daftar sponsor resminya. Sebab, TotalEnergies sampai sekarang tidak menghentikan operasinya di Rusia setelah invasi Moskow ke Ukraina.

"TotalEnergies mensponsori Piala Dunia Rugbi 2023 sudah merupakan penyimpangan nyata, mengingat keadaan darurat iklim, itu semakin menyimpang karena perusahaan minyak dan gas itu mempertahankan kegiatannya di Rusia, mengambil risiko untuk berpartisipasi dalam pembiayaan perang Vladimir Putin," ujar perwakilan Greenpeace kepada Manajer Umum Piala Dunia Rugbi 2023, Claude Atcher, di Prancis, dikutip dari Reuters Rabu (6/4).

Merespons desakan Greenpeace, TotalEnergies menjelaskan kepada komite Piala Dunia Rugbi bahwa mereka serius dalam menjadi sponsor turnamen yang akan digelar di Perancis itu. Pihak TotalEnergies pun menyatakan berkomitmen dalam melestarikan alam, dan menolak tuduhan Greenpeace tersebut.

"Dalam memilih TotalEnergies sebagai sponsor resmi Piala Dunia Rugbi 2023 di Prancis, komite organisasi memercayai mitra bersejarah rugbi Prancis. Kami bekerja untuk mewujudkannya. Acara ini akan ramah lingkungan melalui rencana mobilitas de-karbonasi dan pasokan energi hijau," ujar pernyataan TotalEnergies.

TotalEnergies, perusahaan migas asal Perancis yang memiliki saham di beberapa proyek Rusia, mendapat kecaman setelah menyatakan tidak bergabung dengan  Shell dan BP dalam perencanaan divestasi aset minyak dan gas di Rusia.

Pada Februari, Piala Dunia Rugbi menangguhkan Rusia dan Belarus dari semua aktivitas rugbi internasional dan klub serta menangguhkan Federasi Rugbi Rusia dari keanggotaan World Rugby. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA