Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hentikan Sengketa, Azerbaijan dan Armenia Sepakat Bentuk Komisi Khusus untuk Perbatasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 07 April 2022, 08:46 WIB
Hentikan Sengketa, Azerbaijan dan Armenia Sepakat Bentuk Komisi Khusus untuk Perbatasan
Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev/Net
rmol news logo Azerbaijan dan Armenia sepakat untuk bergerak cepat mencapai kesepakatan damai di tengah ketegangan yang baru-baru ini pecah lagi.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (6/4), Dewan Eropa mengatakan para pemimpin Azerbaijan dan Armenia telah bertemu di Brussel dan memerintahkan sebuah komisi untuk menangani sengketa perbatasan di antara keduanya.

"Untuk tujuan ini, disepakati untuk menginstruksikan menteri luar negeri untuk bekerja pada persiapan perjanjian damai di masa depan, yang akan menangani semua masalah yang diperlukan," kata Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, seperti dikutip TRT World.

Michel sendiri menjamu Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan dalam pertemuan puncak di mana kedua belah pihak membahas masalah yang tersisa setelah Baku mengusir pasukan Yerevan dari wilayah Nagorno-Karabakh pada tahun 2020, mengakhiri tiga dekade pendudukan Armenia di sana.

"Delimitasi dan demarkasi perbatasan bilateral mereka akan menjadi penting, dan sejalan dengan Pernyataan Sochi pada 26 November 2021," lanjut Michel.

Aliyev dan Pashinyan sepakat untuk membentuk Komisi Perbatasan Gabungan pada akhir April.

Nantinya, komisi akan "membatasi" perbatasan bilateral antara Armenia dan Azerbaijan, serta memastikan situasi keamanan yang stabil di sepanjang, dan di sekitar, perbatasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA