Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Abaikan Tekanan UE, Hongaria Bersedia Bayar Gas Rusia dengan Rubel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 07 April 2022, 16:45 WIB
Abaikan Tekanan UE, Hongaria Bersedia Bayar Gas Rusia dengan Rubel
Ilustrasi/Net
rmol news logo Tekanan Uni Eropa agar tidak membayar gas Rusia dengan Rubel nampaknya diabaikan Pemerintah Hongaria.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Perdana Menteri Viktor Orban mengatakan pada konferensi pers Rabu (6/4), negaranya akan mengabulkan permintaan Moskow untuk membayar gas Rusia dengan mata uang Rubel.

"Budapest akan membayar pengiriman dalam rubel jika Rusia memintanya," kata Orban, seperti dikutip dari AFP, Kamis (7/4).

Meskipun mendukung sanksi Uni Eropa terhadap Pemerintah Vladimir Putin, Orban memperingatkan sanksi terhadap minyak dan gas adalah "garis merah" yang tidak akan dilanggar oleh Hongaria.

Sebelumnya Putin telah memperingatkan kepada negara-negara Eropa bahwa pasokan gas Rusia akan terpotong, kecuali membayar dalam rubel. Keputusan datang sebagai pembalasan atas sanksi Barat.

Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto sebelumnya mengatakan bahwa otoritas UE "tidak memiliki peran" dalam kesepakatan pasokan gasnya dengan Rusia, yang didasarkan pada kontrak bilateral antara unit MVM milik negara Hongaria dan Gazprom.

Hongaria telah menjadi salah satu dari sedikit negara anggota Uni Eropa yang telah menolak sanksi energi terhadap Moskow sebagai tanggapan atas invasi, yang disebut Rusia sebagai "operasi militer khusus".

Orban, yang pemerintahnya telah menjalin hubungan bisnis yang erat dengan Moskow selama lebih dari satu dekade, meraih kekuasaan untuk masa jabatan keempat berturut-turut dalam pemilihan pada hari Minggu, sebagian karena janji untuk menjaga keamanan pasokan gas untuk rumah tangga Hongaria. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA