Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ketegangan Mereda, Arab Saudi Dkk Kirim Lagi Dubes ke Lebanon

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 08 April 2022, 08:51 WIB
Ketegangan Mereda, Arab Saudi Dkk Kirim Lagi Dubes ke Lebanon
Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati/Net
Ketegangan antara Lebanon dan negara-negara Teluk mulai mereda. Arab Saudi, Kuwait, dan Yaman mengumumkan pengiriman kembali dutabesar mereka ke Lebanon.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Kamis (7/4) mengatakan dubesnya dikirim kembali sebagai tanggaan atas seruan kekuatan politik moderat Lebanon dan Perdana Menteri Najib Mikati.

Saudi Press Agency juga menyebut pentingnya Lebanon kembali ke pelukan Arab.

Pernyataan serupa telah dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Kuwait. Kantor Mikati mengatakan utusan Kuwait akan kembali sebelum akhir minggu.

Kemudian dikutip Reuters, Kementerian Luar Negeri Yaman mengumumkan kembalinya utusannya ke Lebanon.

"Langkah itu sebagai tanggapan atas janji Beirut untuk menghentikan kegiatan dan praktik ofensif ke negara-negara Arab," kata Kemlu Yaman.

Lewat unggahan di Twitter, Mikati menyambut langkah tiga negara Teluk untuk mengirimkan kembali dubes mereka. Ia juga menggarisbawahi pentingnya menjunjung tinggi hubungan dengan negara-negara Teluk.

Arab Saudi dan negara-negara Teluk pernah menjadi donor utama untuk Lebanon. Tetapi hubungan mereka menegang selama bertahun-tahun dengan meningkatnya pengaruh gerakan Hizbullah yang didukung Iran.

Hubungan yang memburuk telah mencapai titik terendah baru Oktober lalu setelah seorang mantan menteri pemerintah Lebanon mengkritik pertempuran koalisi militer pimpinan Saudi di Yaman.

Keretakan hubungan dengan negara Teluk telah menambah kesulitan yang dihadapi Lebanon saat berjuang dengan krisis keuangan parah.

ARTIKEL LAINNYA