Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Usai Gulingkan Imran Khan, Parlemen Pakistan Akan Pilih PM Baru

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 10 April 2022, 08:30 WIB
Usai Gulingkan Imran Khan, Parlemen Pakistan Akan Pilih PM Baru
Parlemen Pakistan segera pilih Perdana Menteri pengganti Imran Khan/Net
Setelah berhasil menggulingkan pemerintahan Imran Khan, parlemen Pakistan dijadwalkan untuk memilih Perdana Menteri baru lewat pemungutan suara pada Senin (11/4).

Ketua Majelis Nasional, Ayaz Sadiq mengatakan pihaknya akan menunggu hingga Minggu (10/4) pukul 2 siang untuk administrasi pencalonan PM baru. Setelah terkumpul, parlemen akan melakukan pemeriksaan pukul 3 sore.

Sesi untuk pemungutan suara memilih PM baru akan dilakukan pada Senin pukul 11 pagi, seperti dikutip Dawn.

Sejauh ini, pemimpin oposisi utama, Presiden Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N), Shehbaz Sharif telah menyatakan kesediaannya untuk melanjutkan jabatan.

Khan digulingkan setelah 174 dari 342 anggota parlemen mendukung mosi tidak percaya yang diajukan oposisi terhadap pemerintahannya. Selama pemungutan suara, anggota Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) yang berkuasa tidak hadir.

Ia menjadi PM Pakistan pertama yang digulingkan melalui mosi tidak percaya. Meski ada daftar panjang PM Pakistan yang tidak bisa memenuhi masa jabatannya secara penuh.

Penggulingan Khan menjadi akhir dari drama politiknya setelah ia berusaha membubarkan parlemen, yang kemudian ditolak oleh Mahkamah Agung lantaran dianggap inkonstitusional.

ARTIKEL LAINNYA