Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Kepulauan Solomon Tak Izinkan China Bangun Pangkalan Militer, Australia Masih Khawatir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 10 April 2022, 11:42 WIB
Meski Kepulauan Solomon Tak Izinkan China Bangun Pangkalan Militer, Australia Masih Khawatir
Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton/Net
rmol news logo Meski mengkritik kesepakatan keamanan antara China dan Kepulauan Solomon, Australia tampaknya cukup sangsi jika negara Pasifik tersebut mengizinkan Beijing mendirikan pangkalan militer di sana.

Berbicara dalam sebuah wawancara pada Minggu (10/4), Menteri Pertahanan Peter Dutton mengatakan pemerintah menaruh perhatian pada situasi yang berkembang saat ini.

"Kepulauan Solomon sudah sangat jelas bahwa mereka tidak akan mengizinkan pangkalan militer di sana," ujarnya, seperti dikutip AAP.

Meski begitu, Dutton melanjutkan, Australia masih tetap khawatir, mengingat Beijing yang terus agresif.

"Tapi kami khawatir itu pada dasarnya adalah komitmen yang sama yang diberikan oleh Presiden Xi (Jinping) kepada Presiden (Barack) Obama di Laut China Selatan, dan kami sekarang memiliki 20 poin kehadiran militer China di Laut China Selatan," jelasnya.

Ia juga menyebut ada kemungkinan terjadi konflik di kawasan. Untuk itu, Australia berusaha realistis melihat ancaman dan bersekutu.

“Kami tidak bisa menerima begitu saja demokrasi yang kami miliki, kebebasan berbicara kami, kepatuhan kami pada aturan hukum dan prinsip-prinsip yang telah kami pegang selama beberapa dekade. Kami harus melawan para pengganggu dan kami melakukan itu," terangnya.

Kesepakatan keamanan antara China dan Kepulauan Solomon telah bocor pada bulan lalu. Belum diketahui apa isi dari kesepakatan tersebut, namun hal itu sudah membuat Australia dan Selandia Baru khawatir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA