Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muslim-Hindu Bentrok Lagi, India Berlakukan Jam Malam di Gujarat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 April 2022, 18:37 WIB
Muslim-Hindu Bentrok Lagi, India Berlakukan Jam Malam di Gujarat
Festival keagamaan di India/AP
rmol news logo Kepolisian India telah memberlakukan jam malam di beberapa bagian kota Himmatnagar, negara bagian Gujarat, usai terjadi bentrokan antara umat Muslim dan Hindu pada Senin (12/4).

Bentrokan terjadi selama festival kelahiran Dewa Rama Hindu, inkarnasi fisik dewa Wisnu Hindu, di tiga negara, yaitu Gujarat, Madhya Pradesh, dan Jharkand pada Minggu (10/4).

Di Gujarat, setidaknya satu orang tewas dan sepuluh lainnya terluka, termasuk sembilan polisi. Sementara di Madhya Pradesh, lebih dari 35 orang terluka dalam bentrokan serupa.

"Kami telah menahan tujuh orang setelah bentrokan dan pengaturan keamanan yang ketat dilakukan untuk mencegah ketegangan lebih lanjut," kata pejabat polisi di kota Khambat di distrik Anand Gujarat, MJ Chaudhari.

Menurut laporan Reuters, sebagai tanggapan, otoritas di Gujarat telah memberlakukan jam malam dan melarang pertemuan lebih dari empat orang di bagian-bagian yang terkena dampak di Gujarat.

Pekan lalu polisi memberlakukan jam malam di negara bagian gurun Rajasthan setelah serangan serupa terhadap prosesi keagamaan.

Pada tahun 2002, Gujarat yang merupakan tempat kelahiran Perdana Menteri Narendra Modi dicekam oleh kekerasan komunal berskala besar yang mematikan selama sekitar satu bulan. Kelompok hak asasi mengatakan sekitar 2.000 orang, kebanyakan Muslim, tewas.

Modi adalah menteri utama Gujarat pada waktu itu dan bintang yang sedang naik daun di Partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA