Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alihkan Ketergantungan dari Gas Rusia, Italia Tandatangani Kesepakatan Baru dengan Aljazair

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 12 April 2022, 13:15 WIB
Alihkan Ketergantungan dari Gas Rusia, Italia Tandatangani Kesepakatan Baru dengan Aljazair
Perdana Menteri Mario Draghi menandatangani kesepakatan pembelian gas dengan Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune dalam kunjungannya ke Aljazair pada Senin 11 April 2022/Net
rmol news logo Italia sepakat untuk meningkatkan impor gas dari Aljazair. Perdana Menteri Mario Draghi mengumumkan kesepakatan itu pada Senin (11/4) saat ia mengunjungi Aljazair dan melakukan pertemuan dengan Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune.

Draghi mengatakan kepada wartawan setelah pertemuannya dengan Tebboune bahwa kedua negara telah menandatangani kesepakatan awal tentang kerja sama energi ini

Ini adalah bagian dari dorongan Uni Eropa untuk memperoleh energi alternatif setelah Rusia terkena sanksi, juga sebagai upaya Roma untuk mengurangi ketergantungan pada impor Rusia.

Italia merupakan salah satu importir gas yang paling bergantung pada Rusia di Eropa, dengan lebih dari 40 persen impornya berasal dari negara tersebut.

Selain dengan Rusia, Italia juga mengimpor sejumlah besar gas dari Aljazair, termasuk sekitar 6,4 miliar meter kubik gas Aljazair selama kuartal pertama tahun 2021, naik 109 persen dari tahun sebelumnya.

Ketika pelarangam gas Rusia diberlakukan, Italia harus memindahkan seluruh pesannya ke Aljazair.

Kesepakatan baru itu adalah  Italia menambahkan permintaannya sebanyak sembilan miliar meter kubik gas dari Aljazair, hanya melampaui 29 miliar meter kubik Rusia per tahun.

Saat ini, pipa Trans-Mediterania, yang membawa gas dari Aljazair ke Italia, hanya beroperasi sekitar dua pertiga dari kapasitas, kata seorang pejabat pemerintah Italia baru-baru ini, seperti dikutip oleh Financial Times.

Menteri Transisi Ekologi Italia Roberto Cingolani mengatakan pekan lalu bahwa Roma mengharapkan untuk mendapatkan tambahan 10 bcm gas dari pipa dari Aljazair, Libya dan Azerbaijan tahun ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA