Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Ingin Menukar Politisi Top Pro-Rusia yang Ditangkap dengan Tahanan Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 13 April 2022, 06:53 WIB
Zelensky Ingin Menukar Politisi Top Pro-Rusia yang Ditangkap dengan Tahanan Ukraina
Oligarki pro-Kremlin Viktor Medvedchuk/Net
rmol news logo Ukraina mengatakan bahwa mereka telah menahan Viktor Medvedchuk, sekutu terdekat Putin

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kemudian menawarkan untuk menukar oligarki pro-Kremlin itu dengan orang-orang Ukraina yang ditangkap oleh Rusia.

“Saya mengusulkan kepada Federasi Rusia untuk menukar pria Anda ini dengan anak laki-laki dan perempuan kami yang sekarang berada di penangkaran Rusia,” kata Zelensky dalam pidato hariannya, Rabu dini hari (13/4), seperti dikutip dari AFP.

Dia mengatakan, para petinggi Rusia harus menggunakan kesempatan (penukaran tahanan) ini segera.

Kiev sebelumnya mengumumkan menangkap Medvedchuk yang melarikan diri dari tahanan rumah setelah invasi Rusia.
Zelenskyy membagikan foto pria berusia 67 tahun itu yang mengenakan seragam militer Ukraina dengan tangan diborgol. Nampak dalam gambar kondisi Medvedchuk yang sehat tetapi nampak sangat kusut.  

Medvedchuk, salah satu orang terkaya di Ukraina, adalah sosok yang sangat kontroversial karena kedekatannya dengan Moskow. Ia menganggap Presiden Rusia Vladimir Putin adalah sahabat di antara teman-teman pribadinya dan mengatakan pemimpin Kremlin adalah ayah baptis bagi putri bungsunya Darya.

Dia ditahan di bawah tahanan rumah sejak tahun lalu atas tuduhan makar dan tuduhan mencoba mencuri sumber daya alam dari Krimea yang dicaplok Rusia dan menyerahkan rahasia militer Ukraina ke Moskow.

Presiden Rusia sangat marah ketika mengetahui Medvedchuk,  mantan pengacara dan politisi pro-Rusia paling terkemuka di Ukraina, ditempatkan di bawah tahanan rumah dan didakwa dengan pengkhianatan tingkat tinggi.

Ketika Rusia meluncurkan invasinya pada 24 Februari, pasukan Kiev segera membawa Medvedchuk dari tahanan rumah ke penahanan militer.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA