Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kim Jong Un Resmikan Jalan Songhwa, Titik Balik Pembangunan Korea Utara

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 13 April 2022, 14:43 WIB
Kim Jong Un Resmikan Jalan Songhwa, Titik Balik Pembangunan Korea Utara
Peresmian Jalan Songhwa di Pyongyang, Republik Rakyat Demokratik Korea/KCNA
Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) meresmikan sebuah jalan bersejarah yang menjadi simbol perubahan dan menandai peradaban sosialis.

Jalan tersebut adalah Jalan Songhwa, yang dibangun dengan megah di daerah Songsin dan Songhwa, menjadi pintu gerbang timur ke ibukota Pyongyang.

Jalan tersebut diresmikan dalam sebuah upacara dengan megah yang dihadiri oleh pemimpin Partai Pekerja Korea (WPK), Kim Jong Un pada Kamis (11/4), seperti dimuat KCNA.

Bukan hanya sekadar jalan, Jalan Songhwa menjadi bagian rencana pengembangan arsitektur dari Komite Pusat Partai yang telah ditetapkan selama Kongres Partai ke-8, termasuk untuk membangun 50 ribu flat di Pyongyang.

Dengan berorientasi pada Juche, Komite Sentral Partai berusaha mengubah Pyongyang menjadi lebih baik.

Selain infrastruktur jalan, direncanakan akan ada 10 ribu flat dalam setahun yang dibangun di Pyongyang, termasuk gedung pencakar langit 80 lantai.

Namun pembangunan jalan sendiri menjadi titik balik baru dalam pembangunan.

Upacara peresmian Jalan Songhwa juga dihadiri para pejabat tinggi lainnya dari WPK. Termasuk sekretaris Komite Pusat WPK  Ri Il Hwan, hingga kepala sekretaris Komite Kota Pyongyang WPK Kim Yong Hwan.

Ketika Kim Jong Un memotong pita peresmian, sejumlah pekerja, mahasiswa, dan anak-anak turut bersuka ria, diikuti pelepasan balon dan dinyalakannya kembang api.

ARTIKEL LAINNYA