Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

China Menentang Kunjungan Anggota Parlemen AS ke Taiwan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 15 April 2022, 09:11 WIB
China Menentang Kunjungan Anggota Parlemen AS ke Taiwan
Taiwan/Net
Kunjungan sejumlah aggota Parlemen AS ke Taiwan  mendapat tanggapan tegas dari Kementerian Luar Negeri China.

Dalam pernyataannya juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan bahwa Beijing dengan tegas menentang pertukaran resmi antara AS dan Taiwan dalam bentuk apa pun, dan bahwasannya anggota kongres AS harus mematuhi prinsip satu-China yang diterapkan oleh pemerintah AS.

"China akan terus mengambil tindakan tegas untuk secara tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial," kata Zhao, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (14/4).   

Politisi veteran yang dikenal anti-China seperti Ketua Komite Hubungan luar negeri Senat, Bob Menendez,  dan angota aomite anggaran Senat Lindsey Graham dari Partai Republik adalah dua nama penting dalam delegasi tersebut.

Pejabat lain dalam kelompok itu adalah Richard Burr, Ben Sasse, Rob Portman dan Ronny Jackson, anggota DPR AS dari Partai Republik dan mantan kepala penasihat medis mantan presiden Donald Trump.

Meskipun tidak ada rilis kunjungan melalui saluran resmi dari kedua belah pihak, media Taiwan melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri  Taiwan Joseph Wu menyambut baik kunjungan tersebut, dengan mengatakan itu menunjukkan "dukungan kuat" AS untuk Taiwan. 
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA