Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia: Bergabung dengan NATO Tidak Akan Memperkuat Keamanan Finlandia dan Swedia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 April 2022, 14:27 WIB
Rusia: Bergabung dengan NATO Tidak Akan Memperkuat Keamanan Finlandia dan Swedia
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova/Net
rmol news logo Rencana bergabungnya Finlandia dan Swedia menjadi anggota NATO disesalkan pihak Rusia karena nantinya itu akan memiliki konsekuensi negatif bagi perdamaian dan stabilitas di Eropa utara.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (15/4), juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan kebijakan non-blok militer Finlandia dan Swedia menjadi dasar yang kuat dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan Rusia.

Zakharova berpendapat bahwa menjadi bagian dari aliansi militer tidak akan membantu Finlandia dan Swedia dalam memperkuat keamanan mereka, tetapi justru akan membawa mereka ke garis depan.

"Pilihannya terserah pada otoritas Swedia dan Finlandia, tetapi mereka harus memahami konsekuensi dari langkah tersebut untuk hubungan dengan Rusia. Arsitektur keamanan Eropa saat ini dalam keadaan krisis," kata Zakharova, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (16/4).

Finlandia dan Swedia mengambil langkah untuk bergabung dengan aliansi NATO setelah invasi Rusia di Ukraina.

Pekan lalu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada Sky News bahwa jika Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO, Rusia akan berupaya menyeimbangkan kembali situasi untuk memastikan keamanan negara. Langkah-langkah harus segera diambil untuk memperkuat perbatasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA