Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Washington Jadi Tuan Rumah KTT Khusus ASEAN-AS Bulan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 17 April 2022, 09:21 WIB
Washington Jadi Tuan Rumah KTT Khusus ASEAN-AS Bulan Depan
KTT ASEAN-AS yang dilakukan secara virtual/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) akan menjamu para pemimpin ASEAN dengan meggelar KTT Khusus ASEAN-AS pada 12-13 Mei 2022 mendatang di Washington.

Itu adalah pertemuan fisik pertama antara para pemimpin antara negara-negara anggota ASEAN dan AS sejak 2017. Sebelumnya Presiden Biden hadir pada KTT ASEAN-AS ke-9 pada 26 Oktober 2021 secara virtual.

Indonesia saat ini menjadi koordinator hubungan ASEAN dan AS.

Lewat pernyataan yang diunggah di situs resminya pada Minggu (17/4), Kementerian Luar Negeri RI mengatakan, pertemuan tersebut akan membahas penganganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi dan berbagai tantangan geopolitik kawasan dan global.

"Amerika Serikat merupakan mitra strategis ASEAN. KTT Khusus kali ini, yang sekaligus menjadi perayaan 45 tahun kemitraan ASEAN-AS, merupakan momentum untuk memperkuat kemitraan tersebut," jelas Kemlu.

Mengutip data Sekretariat ASEAN, AS merupakan mitra dagang kedua terbesar setelah China dan sumber investasi utama ke ASEAN dengan nilai investasi 35 miliar dolar AS pada tahun 2020. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA