Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangkal Pengaruh China, AS Kirim Tim ke Kepulauan Solomon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 18 April 2022, 17:44 WIB
Tangkal Pengaruh China, AS Kirim Tim ke Kepulauan Solomon
Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare dan Perdana Menteri China Li Keqiang/AP
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mengirim pejabat tingginya ke Kepulauan Solomon di tengah kekhawatiran Washington dan sekutu-sekutunya bahwa negara Pasifik itu akan membuat perjanjian keamanan dengan China.

Koordinator Gedung Putih Indo-Pasifik, Kurt Campbell bersama Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, Daniel Kritenbrink memimpin delegasi AS kunjungan ke Kepulauan Solomon, Fiji, dan Papua Nugini.

"Delegasi akan bertemu dengan pejabat senior pemerintah untuk memastikan kemitraan kami memberikan kemakmuran, keamanan, dan perdamaian di Kepulauan Pasifik dan Indo-Pasifik," kata Gedung Putih pada Senin (18/4).

Selain itu, tim delegasi juga akan berhenti di Hawaii untuk berkonsultasi dengan pejabat militer senior AS di Komando Indo-Pasifik.

Pada Februari, AS mengumumkan akan membuka kedutaan besar di Kepulauan Solomon, bagian dari upaya pemerintahan Joe Biden untuk melawan pengaruh China di Pasifik.

Pada Maret, Kepulauan Solomon mengatakan sedang menjajaki perjanjian keamanan dengan China yang memicu kekhawatiran Australia dan Selandia Baru.

Kepulauan Solomon sendiri telah menegaskan perjanjian tersebut tidak akan mengizinkan pangkalan militer China di sana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA