On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tak Sudi Hadiri Pertemuan Jika Ada Pejabat Rusia yang Hadir, Yellen Ajak Dunia Beri Tekanan Maksimal untuk Moskow

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 19 April 2022, 07:29 WIB
Tak Sudi Hadiri Pertemuan Jika Ada Pejabat Rusia yang Hadir, Yellen Ajak Dunia Beri Tekanan Maksimal untuk Moskow
Menteri Keuangan AS Janet Yellen/Net
RMOL. Perang Rusia di Ukraina akan berdampak pada kekacauan ekonomi dan kerawanan pangan. Menteri Keuangan AS Janet Yellen menyampaikan keprihatinan itu, dan mengajak para menteri dari negara-negara untuk lebih memberikan tekanan terhadap Rusia yang dianggapnya sebagai pihak yang paling bertanggung jawab.  
 
Berbicara kepada wartawan pada Senin (18/4) Yellen mengatakan dampak perang Rusia sangat buruk. Hukuman terhadap Rusia seharusnya lebih kuat lagi.

"Konflik telah menunjukkan perlunya ekonomi terbesar di dunia untuk berdiri bersama untuk mempertahankan ketertiban internasional dan melindungi perdamaian dan kemakmuran," kata pejabat itu.

Krisis di Ukraina sangat memukul pasar negara berkembang yang saat ini masih berjuang untuk pulih dari pandemi Covid-19.

Yellen akan berpartisipasi dalam pertemuan musim semi IMF dan Bank Dunia, serta pertemuan pejabat keuangan dari negara-negara G7 dan G20, di mana dampak dari perang Rusia akan menjadi topik utama diskusi. Pada kesempatan itu, Yellen akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (19/4).

Yellen juga akan mengulangi imbauan bagi pemerintahan Joe Biden untuk memberikan dukungan terbaiknya bagi Ukraina.

Seorang pejabat mengatakan bahwa selama pertemuan-pertemuan itu, Yellen tidak akan mengambil bagian jika pejabat Rusia disertakan. Pejabat Kementerian Keuangan Rusia diharapkan untuk berpartisipasi hanya dari jarak jauh saja dalam pertemuan G20 pada 20 April.

Joe Biden juga telah mengatakan Rusia harus dikeluarkan dari G20, karena sejak invasi Rusia di Ukraina, segala pertemuan yang melibatkan Rusia akan menjadi berbeda dari biasanya.

Yellen diharapkan menggunakan pertemuan tersebut untuk bekerja dengan sekutu dalam upaya meningkatkan tekanan ekonomi di Rusia sambil mengurangi efek limpahan, menyerukan penerapan kesepakatan pajak minimum global dan untuk mengatasi masalah keamanan pangan.

Wakil Menteri Keuangan Wally Adeyemo juga akan bertemu dengan Menteri Keuangan Ukraina Serhiy Marchenko minggu ini.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA