Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Kerahkan Jet Siluman Super Canggih J-20 ke Laut China Selatan dan Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 19 April 2022, 13:53 WIB
China Kerahkan Jet Siluman Super Canggih J-20 ke Laut China Selatan dan Timur
Jet tempur siluman buatan China, J-20/Net
rmol news logo China telah mengirim jet tempur siluman paling canggih dan terkuatnya, J-20, untuk mulai berpatroli di Laut China Timur dan Laut China Selatan yang disengketakan.

Dari laporan media pemerintah China, Global Times, patroli J-20 di dua kawasan tersebut akan menjadi pelatihan rutin.

China sendiri mengklaim seluruh Laut China Selatan dengan klaim historis "sembilan garis putus-putus", yang tumpang tindih dengan klaim dari Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei.

Kehadiran China di Laut China Selatan dinilai memperburuk stabilitas kawasan terlebih Beijing telah melakukan militerisasi di tiga pulau buatan mereka.

Sementara itu, China juga bersengketa dengan Jepang di Laut China Timur dengan memperebutkan Kepulauan Senkaku atau Kepulauan Diaoyu.

Menurut WION, kehadiran jet tempur J-20 di dua kawasan tersebut merupakan langkah tegas China untuk memperkuat klaimnya.

Peneliti di Griffith Asia Institute Australia, Peter Layton menyebut, pesawat militer asing yang memasuki wilayah udara kawasan tersebut berpotensi dicegat oleh J-20.

Jet tempur J-20 sendiri memiliki versi awal yang dilengkapi mesin Rusia. Namun terbaru digantikan mesin China yang dikembangkan di dalam negeri.
dengan banyak negara.

Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) dilaporkan memiliki 200 jet tempur siluman J-20. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA