Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden: Ada Dua Penyebab Besar Inflasi AS, Covid dan Vladimir Putin!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 20 April 2022, 08:40 WIB
Biden: Ada Dua Penyebab Besar Inflasi AS, Covid dan Vladimir Putin<I>!</I>
Presiden AS Joe Biden/Net
rmol news logo Meskipun mengakui bahwa penguncian selama pandemi Covid-19 sebagai penyebab utama inflasi Amerika, Presiden Joe Biden masih saja menyalahkan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai pelaku utama atas harga gas yang tinggi di dalam negeri.

Frase 'kenaikan harga Putin' kembali digunakan Gedung Putih lewat pidato Biden di New Hampshire pada Selasa (19/4). Mereka menyalahkan inflasi pada operasi militer Rusia di Ukraina selama enam minggu terakhir sebagai penyebab meroketnya harga di pompa.

"Ada dua alasan untuk harga tinggi. Yang pertama adalah Covid. Karena pandemi, kami mengalami gangguan dalam pasokan bahan penting kami, sehingga harga naik," kata Biden seperti dikutip dari AP, Rabu (20/4).

“Dan alasan besar kedua untuk inflasi adalah Vladimir Putin, ini bukan lelucon,” katanya kemudian.

“Bulan lalu, sekitar 70 persen dari kenaikan inflasi adalah konsekuensi dari kenaikan harga Putin karena dampak dari harga gas dan energi," lanjutnya.

Gedung Putih telah menggunakan poin frase "kenaikan harga Putin" sejak mengeluarkan larangan  impor minyak dan gas Rusia ke AS pada 8 Maret.

Presiden Rusia sudah menanggapi dengan mengatakan Moskow sama sekali tidak ada hubungannya dengan kenaikan harga gas AS, karena ekspor Rusia ke AS awalnya diabaikan.

“Mereka bersembunyi di balik keputusan ini untuk sekali lagi menipu populasi mereka sendiri,” kata Putin bulan lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA