Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkeu Rusia Hadiri Pertemuan G20, Negara-negara Barat Kompak Akan Walk-Out

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 20 April 2022, 09:20 WIB
Menkeu Rusia Hadiri Pertemuan G20, Negara-negara Barat Kompak Akan <i>Walk-Out</i>
Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov/Net
rmol news logo Sejumlah delegasi negara-negara Barat tengah merencanakan aksi walk-out bersama selama pertemuan para menteri keuangan G20 yang akan digelar di Washington, Amerika Serikat (AS) hari ini, Rabu (20/4).

Para pejabat menyebut aksi tersebut merupakan "penghinaan diplomatik" untuk memprotes invasi Rusia ke Ukraina. Sementara Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov telah dikonfirmasi akan menghadiri pertemuan tersebut.

"Selama dan setelah pertemuan, kami pasti akan mengirimkan pesan yang kuat, dan kami tidak akan sendirian dalam melakukannya," ujar pejabat Jerman, seperti dikutip Reuters.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen yang pada awalnya berencana memboikot pertemuan jika ada kehadiran Rusia, saat ini dikatakan hanya akan menghindari sesi G20 yang diikuti oleh pejabat Rusia.

Namun pejabat Departemen Keuangan AS mengatakan, Yellen akan menghadiri sesi pembukaan dengan membahas perang di Ukraina yang membuat harga pangan melonjak hebat.

Seperti halnya Yellen, Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak juga tidak akan menghadiri sesi G20 tertentu. Sedangkan Prancis dan beberapa negara lainnya kompak akan meninggalkan kursi mereka ketika pihak Rusia berbicara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA