Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ke Prancis, Menlu Retno Dorong Penyelesaian Perang Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 21 April 2022, 17:24 WIB
Ke Prancis, Menlu Retno Dorong Penyelesaian Perang Ukraina
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Prancis Jean Yves Le Drian/Ist
rmol news logo Melihat besarnya dampak yang diberikan, perang di Ukraina harus segera diakhiri dan perdamaian harus segera terwujud melalui negosiasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis Jean Yves Le Drian di Paris pada Rabu (20/4).

Sejumlah isu bilateral dan situasi dunia saat ini menjadi agenda pembahasan kedua menlu, termasuk perang di Ukraina. Keduanya membahas dampak ekonomi dari perang di Ukraina, terutama kenaikan harga energi dan pangan.

"Jika perang terus terjadi, maka dampak ekonomi akan dirasakan semua negara, terutama negara berkembang dan least developed countries," ujar Retno, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pembicaraan melalui telepon antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Emmanuel Macron pada 22 Maret, serta pembicaraan telepon kedua menlu pada 18 Maret.

Pertemuan dinilai penting mengingat Prancis memegang peran sebagai Presiden Uni Eropa dan Indonesia sebagai Ketua G20. Dengan peran khusus ini, kedua pihak sepakat untuk terus meningktkan komunikasi dan konsultasi terkait berbagai isu penting dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Le Drian menekankan dukungan Prancis atas presidensi G20 Indonesia, serta prioritas-prioritas kerja yang dimajukan Indonesia.

Terkait kerja sama bilateral, kedua menlu sepakat pentingnya meningkatkan kerjasama di bidang energi. Dalam hal ini, Prancis akan mengirim tim teknis untuk berkunjung ke Jakarta guna membahas kerjasama energi secara lebih detail.

Setelah satu hari di Prancis, Retno langsung melanjutkan perjalanan ke Belanda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA