Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ramaphosa kepada Zelensky: Perang di Ukraina Berdampak pada Rantai Pasokan Global ke Afsel

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 April 2022, 06:24 WIB
Ramaphosa kepada Zelensky: Perang di Ukraina Berdampak pada Rantai Pasokan Global ke Afsel
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa /Net
Rusia-Ukraina perlu segera mengambil langkah negosiasi dan melakukan gencatan senjata. Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menyampaikan hal itu saat menerima panggilan telepon dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis (21/4) waktu setempat.

Ramaphosa yang telah menghadapi kritik keras karena menolak untuk mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, memaparkan bahwa akibat dari perang tersebut adalah krisis kemanusiaan yang akut dan dampak global yang serius.

Ukraina adalah pengekspor utama gandum dan jagung ke Afrika. Perang yang terjadi selama hampir dua bulan membuat terhentinya pasokan, harga yang melambung, dan kelaparan. Afrika Barat telah sangat berdampak atas perang yang terjadi di mana Siore Leone menderita krisis ekonomi yang lebih parah dari biasanya, dan Afrika Selatan tidak ingin mengalami hal yang sama.

"Kami sepakat tentang perlunya negosiasi untuk mengakhiri konflik yang berdampak pada posisi Ukraina dalam rantai pasokan global, termasuk posisinya sebagai pengekspor utama makanan ke benua kami," kata Ramaphosa dalam cuitannya pada Kamis, seperti dikutip dari AFP.

Afrika Selatan telah mempertahankan sikap non-blok sejak Rusia menginvasi Ukraina hampir dua bulan lalu. Ia menolak mengutuk Rusia dan tidak ikut mendukung sanksi. Sikap Ramaphosa mendapat kritikan tajam dari negeara-negara Uni Eropa. Namun begitu, Afrika Selatan tidak menyetujui perang dan berpendapat bahwa negosiasi adalah pilihan terbaik untuk mengakhiri konflik.

Negara itu sejauh ini telah abstain dari pemungutan suara dalam dua teguran keras PBB terhadap Rusia.

Ukraina sejauh ini telah menjangkau para pemimpin global dan blok regional untuk meminta dukungan dunia.

Selama percakapan telepon dengan Ramaphosa, Zelensky memaparkan bagaimana Ukraina bertahan dan melakukan perlawanannya terhadap agresi Rusia.

Mereka juga membahas krisis pangan global yang mengancam.

"Melakukan percakapan telepon dengan @CyrilRamaphosa. Mengisahkan tentang perlawanan kami terhadap agresi Rusia. Membahas ancaman krisis pangan global, pendalaman hubungan dengan Republik Afrika Selatan dan kerjasama dalam organisasi internasional," cuit Zelensky.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA