Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kamala Harris dan Suami Kena Sanksi, Dilarang Masuk Rusia Tanpa Batas Waktu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 April 2022, 06:36 WIB
Kamala Harris dan Suami Kena Sanksi, Dilarang Masuk Rusia Tanpa Batas Waktu
Wakil Presiden Kamala Harris/Net
rmol news logo Serentetan sanksi balasan dijatuhkan Pemerintah Rusia kepada 29 warga AS, termasuk pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan Wakil Presiden Kamala Harris.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pada Kamis (21/4), mereka yang terkena sanksi dilarang memasuki Rusia tanpa batas waktu.

“Eksekutif, pengusaha, pakar dan jurnalis yang membentuk agenda Russophobia, serta pasangan dari sejumlah pejabat tinggi dilarang memasuki Rusia sebagai tanggapan terhadap sanksi anti-Rusia yang mempengaruhi keluarga pejabat, ilmuwan, budaya dan tokoh bisnis," isi pernyataan Kementerian seperti dikutip dari RT.

Selain Zuckerberg, Moskow telah memasukkan CEO LinkedIn Ryan Roslansky ke daftar hitam, serta presiden dan CEO raksasa industri militer Northrop Grumman, General Dynamics, L3 Harris Technologies, Leidos, Booz Allen Hamilton, dan Aerojet Rocketdyne.

Pembuat kapal Huntington Ingalls Industries dan pembuat drone AeroVironment juga telah dikenai sanksi. Direktur Mitchell Institute of Aerospace Studies dan presiden Bank of America juga termasuk di antaranya.

Moskow juga memberikan sanksi kepada politisi AS dan pasangan mereka, dimulai dengan Wakil Presiden Kamala Harris dan suaminya Doug Emhoff, Kepala Staf Gedung Putih Ronald Klein, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price, juru bicara Pentagon John Kirby, Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks, wakil ketua Kepala Staf Gabungan Laksamana Christopher W. Grady, dan wakil sekretaris kesehatan, terdaftar sebagai Richard/Rachel Levine.

Sanksi Rusia juga menyebut Evan Ryan, pasangan Menteri Luar Negeri Antony Blinken, dan Margaret Goodlander, istri Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan. Keduanya memegang jabatan di pemerintahan Biden, Ryan sebagai sekretaris kabinet Gedung Putih dan Goodlander sebagai penasihat Departemen Kehakiman. Robert Kagan, suami dari Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik Victoria Nuland, melengkapi daftar pasangan yang terkena sanksi.

Tokoh media yang dituduh Kementerian Luar Negeri membentuk agenda Russophobic, termasuk pembawa acara ABC George Stephanopoulos, kolumnis Washington Post David Ignatius, analis CNN Bianna Golodryga, serta editor “Meduza” Kevin Rothrock, bersama dengan dua ahli dari Woodrow Wilson Center dan lembaga think tank Dewan Atlantik Scowcroft Center ikut masuk daftar hitam Rusia.

"Pengumuman sanksi lebih lanjut dapat diharapkan dalam waktu dekat sebagai tindakan balasan terhadap tindakan bermusuhan otoritas AS," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Sebelumnya Rusia telah memberikan sanksi kepada Blinken, Sullivan, Menteri Pertahanan Lloyd Austin, Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley, Direktur CIA William Burns, juru bicara Gedung Putih Jen Psaki, mantan menteri luar negeri Hillary Clinton, serta Presiden Joe Biden sendiri dan putranya, Hunter. Mereka dimasukkan dalam daftar hitam Moskow pada pertengahan Maret, sebagai tanggapan atas sanksi AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA