Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yellen Ingatkan Eropa: Hati-hati Memberlakukan Sanksi Energi Rusia, Lebih Banyak Kerugian daripada Kebaikannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 April 2022, 13:31 WIB
Yellen Ingatkan Eropa: Hati-hati Memberlakukan Sanksi Energi Rusia, Lebih Banyak Kerugian daripada Kebaikannya
Menteri Keuangan AS Janet Yellen/Net
rmol news logo Eropa perlu memikirkan ulang sanksi yang menyasar minyak dan gas Rusia. Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan, sanksi tersebut dapat memiliki konsekuensi ekonomi yang tidak diinginkan.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal dan Menteri Keuangan Sergiy Marchenko di Washington pada Kamis (21/4) waktu setempat, Yellen mengatakan larangan seperti itu pada akhirnya dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

"Eropa jelas perlu mengurangi ketergantungannya pada energi Rusia. Tapi kita perlu berhati-hati ketika kita berpikir untuk memberlakukan larangan energi," ujar Yellen seperti dikutip dari AFP.

Negara-negara besar Eropa beramai-ramai memberlakukan larangan impor gas dan minyak Rusia sebagai 'hukuman' atas invasi Rusia di Ukraina. Seiring dengan itu, mereka juga di dera kekhawatiran akan kekurangan pasokan dan bersiap mengambil langkah-langkah penanganannya. Mulai dari menghemat energi, memindahkan pemesanan ke negara lain, dan mulai menyasar pada energi terbarukan dan biogas.  

"Larangan energi Eropa akan menaikkan harga minyak global. Jadi, sebenarnya sanksi tersebut hanya berdampak sedikit saja bagi Rusia. Akibat sanksi, mungkin ekspor minyak dan gas Rusia turun, tetapi harganya bakal jauh lebih tinggi," kata Yellen.

Uni Eropa, yang mengimpor sekitar 45 persen gasnya dari Rusia, sedang berupaya memperluas sanksinya untuk memasukkan embargo minyak dan gas. Namun, para ahli mengingatkan, tindakan sanksi baru bisa terjadi beberapa bulan lagi, atau tidak bisa dilakukan saat ini juga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA