Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yellen Sepakat dengan Zelensky, Rusia Harus membayar Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan Kembali Ukraina Setelah Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 April 2022, 14:54 WIB
Yellen Sepakat dengan Zelensky, Rusia Harus membayar Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan Kembali Ukraina Setelah Perang
Menteri Keuangan Janet Yellen/Net
rmol news logo Ukraina membutuhkan banyak biaya saat ini ketika perang yang dikerahkan Rusia terus berlangsung.

Negara-negara Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) telah mengalirkan dananya untuk membuat Ukraina bisa tetap bertahan dari serangan Rusia.

UE baru-baru ini mengirimkan bantuan militer sebesar 1 miliar Euro untuk mendanai pertahanan Ukraina, dan sekitar 600 juta euro untuk membantu menopang perekonomiannya.

Sedangkan AS baru saja mengumumkan 1,3 miliar dolar AS dalam bentuk bantuan ekonomi baru dan bantuan militer ke Ukraina, yang menurut Menteri Keuangan Janet Yellen itu hanyalah awal dari apa yang dibutuhkan Ukraina saat ini. Ukraina akan membutuhkan lebih banyak lagi dana untuk membangun kembali ketika perang berakhir.

Masalahnya adalah, siapa yang akan membayar pemulihan ekonomi dan pembangunan kembali Ukraina setelah perang berakhir kelak?

Perang telah menyebabkan kerugian lebih dari 60 miliar dolar AS atau sekitar 55 miliar euro untuk kerusakan pada bangunan dan infrastruktur.

Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan, Dana Moneter Internasional (IMF) dalam pandangan ekonomi dunia terbaru menyatakan bahwa ekonomi Ukraina akan menyusut 35 persen tahun ini dan tahun depan.

Yellen, dalam pengarahannya terkait potensi penggunaan dana Bank Sentral Rusia pada Kamis (21/4) mengatakan, AS dan UE berupaya untuk membantu Ukraina dalam mencari sumber bantuan, termasuk dari Rusia.

Bagi Yellan, Rusia harus bertanggungjawab membangun Ukraina yang telah diacak-acaknya. Namun, itu harus didiskusikan dengan cermat bagaimana pelaksanaannya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga memiliki gagasan untuk menerbitkan pajang khusus perang.

"Hasil dari sanksi bisa digunakan untuk mengkompensasi kerugian Ukraina," menurutnya. Zelensky mengambil contoh, bahwa aset Rusia yang dibekukan bisa digunakan untuk membangun kembali Ukraina setelah perang serta untuk membayar kerugian yang dideritanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA