Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sanksi Barat kepada Rusia Merugikan Negara-negara Rentan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 23 April 2022, 07:48 WIB
Sanksi Barat kepada Rusia Merugikan Negara-negara Rentan
Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov/Net
Kampanye sanksi terhadap Moskow dipercaya telah memperburuk inflasi yang sudah meningkat di sebagian negara,  akibat tindakan tidak bertanggung jawab otoritas keuangan Barat selama pandemi Covid-19.  

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov menyampaikan analisanya pada pertemuan pleno Komite Moneter dan Keuangan Internasional IMF, Jumat (22/4) waktu setempat.

“Skala tekanan inflasi belum pernah terjadi sebelumnya dalam konteks beberapa dekade terakhir,” kata Siluanov, seperti dikutip dari AFP.

“Ini adalah hasil dari tindakan tidak bertanggung jawab otoritas keuangan negara-negara Barat, yang membuat seluruh dunia menderita, dan terutama negara-negara yang paling rentan dengan tingkat pendapatan rendah,” tambahnya.

Menurut Siluanov, situasi tersebut kini diperparah dengan sanksi terbaru yang dijatuhkan oleh Barat terhadap Rusia.

“Dinamika percepatan transisi energi juga mendorong kenaikan harga energi, memperburuk masalah kemiskinan, ketahanan pangan, ketersediaan energi,” kata menteri.

AS dan sekutunya telah memperkenalkan hukuman ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia sebagai tanggapan atas operasi militer di Ukraina.

Dalam waktu kurang dari dua bulan, negara itu menjadi subjek lebih dari 6.000 pembatasan yang ditargetkan. Rusia adalah pengekspor global utama semua jenis komoditas, termasuk energi dan biji-bijian.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA