Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanggapi Serangan Roket Hamas, Israel Akan Menutup Penyebrangan Gaza Pada Minggu Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sulthan-nabil-herdiatmoko-1'>SULTHAN NABIL HERDIATMOKO</a>
LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Sabtu, 23 April 2022, 21:24 WIB
Tanggapi Serangan Roket Hamas, Israel Akan Menutup Penyebrangan Gaza Pada Minggu Ini
Penyebrangan Erez yang menghubungkan Israel dengan Jalur Gaza /Net
rmol news logo Israel akan menutup satu-satunya jalur penyeberangan dari Jalur Gaza bagi para pekerja pada hari Minggu (24/4), sebagai tanggapan atas tembakan roket pada Jumat malam.

Mereka juga menyatakan berhenti melakukan serangan balasan terhadap Hamas sebagai upaya untuk meredakan ketegangan antar Palestina dan Israel.

Serangan roket Hamas pada Jumat malam dan Sabtu pagi menyusul pertikaian yang serupa antar Israel dan Hamas pada Kamis dan bentrokan berhari-hari di kompleks masjidil Al-Aqsa, Yerusalem.

Kerusuhan yang terjadi di kompleks masjidil Al-Aqsa disaat perayaan Paskah Yahudi yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan itu telah memicu kekhawatiran internasional akan konflik berdarah.

"Menanggapi roket yang ditembakkan ke wilayah Israel dari Jalur Gaza tadi malam, telah diputuskan bahwa penyeberangan ke Israel untuk pedagang dan pekerja Gaza melalui Erez Crossing tidak akan diizinkan pada Minggu ini," ujar pernyataan COGAT, unit dari kementerian pertahanan Israel yang bertanggung jawab untuk urusan sipil Palestina pada Sabtu (23/4), dikutip dari Channel News Asia.

Menurut sumber Palestina dan Israel, dua roket ditembakkan dari Gaza ke Israel selatan pada Jumat malam, salah satunya mengenai Israel dan yang lainnya jatuh dan mengenai sebuah bangunan perumahan di Gaza utara. Roket ketiga ditembakkan ke Israel pada Sabtu pagi.

Serangan tersebut menyusuli pertikaian yang serupa pada Rabu dan Kamis. Disaat itu, Israel telah membalasnya itu dengan melancarkan serangan udara terhadap Gaza.

Kali ini, Israel menanggapinya dengan menutup penyebrangan Erez, mengisyaratkan bahwa serangan roket lebih lanjut dari Gaza akan memperpanjang penutupan tersebut.

"Pembukaan kembali penyebrangan Erez akan diputuskan sesuai dengan penilaian situasi keamanan," pungkas COGAT dalam pernyataannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA