Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Terhenti, Iran-Arab Saudi Lanjutkan Dialog Normalisasi di Irak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 24 April 2022, 18:57 WIB
Sempat Terhenti, Iran-Arab Saudi Lanjutkan Dialog Normalisasi di Irak
Ilustrasi/Net
rmol news logo Iran dan Arab Saudi kembali membuka pembicaraan terkait normalisasi hubungan, setelah sempat terhenti pada Maret lalu.

Mengutip laporan Nour News pada Sabtu (23/4), kedua belah pihak sudah memulai kembali dialog di Baghdad, Irak. Namun tidak dikatakan kapan pembicaraan tersebut terjadi.

"Pertemuan positif terbaru telah meningkatkan harapan bagi kedua negara untuk mengambil langkah menuju dimulainya kembali hubungan," begitu laporan Nour News, yang berafiliasi dengan Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran.

Riyadh memutuskan hubungan diplomatik dengan Teheran pada 2016. Itu terjadi setelah pengunjuk rasa Iran menyerbu kedutaan Saudi di Teheran, menyusul eksekusi seorang ulama Syiah di Arab Saudi.

Iran menangguhkan pembicaraan pada Maret. Langkah itu dilakukan setelah Arab Saudi mengeksekusi 81 pria, dalam eksekusi massal terbesarnya dalam beberapa dekade. Teheran mengutuk eksekusi tersebut, yang menurut para aktivis termasuk 41 Muslim Syiah.

Arab Saudi yang mayoritas Muslim Sunni dan Iran Syiah, telah berseteru dalam konflik proksi di sekitar kawasan itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA