Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Putin Ucapkan Selamat atas Kemenangan Macron, Saat Rusia-Prancis Bersitegang Soal Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 26 April 2022, 07:23 WIB
Putin Ucapkan Selamat atas Kemenangan Macron, Saat Rusia-Prancis Bersitegang Soal Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Kemenangan Emmanuel Macron dalam pemilihan presiden Prancis ikut disambut oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, meskipun kedua negara sedang terlibat ketegangan terkait krisis di Ukraina.

Lewat telepon, Putin mengucapkan selamat setelah Macron kandidat sayap kanan Marine Le Pen pada pemilihan yang digelar pada Minggu (24/4) waktu setempat.

“Saya dengan tulus berharap Anda sukses dalam kegiatan kenegaraan Anda, serta kesehatan dan kesejahteraan yang baik,” kata Putin dalam sebuah telegram kepada Macron, menurut sebuah pernyataan dari Kremlin, seperti dikutip dari AFP, Selasa (26/4).

Macron adalah salah satu dari sedikit pemimpin Barat yang menghubungi Putin sejak Moskow memindahkan pasukan ke Ukraina, menghabiskan berjam-jam di telepon mencoba untuk menegosiasikan resolusi konflik.

Tetapi sambil menjaga saluran diplomatiknya ke Moskow tetap terbuka, Prancis di bawah Macron telah bergabung dengan rentetan sanksi internasional terhadap Rusia yang dijatuhkan atas kampanye militer dan termasuk yang mengutuk keras invasi Rusia.

Macron mengamankan kemenangan atas Le Pen dalam pemungutan suara putaran kedua selama akhir pekan, mengalahkan saingan sayap kanannya yang dituduh memiliki hubungan dengan Rusia.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA