Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Swedia dan Finlandia Siap Ajukan Keanggotaan NATO Bulan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 26 April 2022, 10:26 WIB
Swedia dan Finlandia Siap Ajukan Keanggotaan NATO Bulan Depan
Bendera NATO/Net
rmol news logo Swedia dan Finlandia tampaknya sudah meyakinkan diri dan dilaporkan segera mengajukan keanggotaan NATO secara bersama-sama pada bulan depan.

Surat kabar Swedia, Expressen, dan surat kabar Finlandia, Iltalehti, pada Senin (25/4) melaporkan kedua negara tersebut akan mendaftarkan diri sebagai anggota NATO pada 16 hingga 20 Mei.

Itu bertepatan dengan jadwal kunjungan kenegaraan oleh Presiden Finlandia Sauli Niinisto ke Swedia atas undangan Raja Carl XVI Gustaf pada 17 hingga 18 Mei.

"Informasi itu benar dan sekarang harus ada kesepakatan antara Swedia dan Finlandia bahwa aplikasi apa pun harus diajukan pada pekan itu, yang juga bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Finlandia ke Swedia," lapor Expressen.

Pekan lalu, jurubicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan Moskow telah memperingatkan Swedia dan Finlandia tentang konsekuensi bergabung dengan NATO.

Keputusan Swedia dan Finlandia melepaskan status netral dan bergabung dengan NATO dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari lalu.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan pihaknya akan menyambut Finlandia dan Swedia. Ia juga akan memastikan aksesi cepat kedua negara jika mereka memilih untuk mendaftarkan diri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA