Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ingin Berantas Polio, Pakistan Minta Bantuan Bill Gates

Rabu, 27 April 2022, 10:49 WIB
Ingin Berantas Polio, Pakistan Minta Bantuan Bill Gates
Perdana Menteri Shehbaz Sharif/Net
Masalah kesehatan menjadi topik utama diskusi antara Perdana Menteri Pakistan yang baru terpilih, Shehbaz Sharif dengan promotor vaksin miliarder Bill Gates pada Selasa (26/4).

AFP melaporkan, Sharif yang berbicara dengan Gates melalui telepon mengatakan bahwa pemerintahnya bertekad untuk memberantas semua bentuk polio.

"Pakistan telah mempertahankan kemajuan menuju pemberantasan polio dan menghargai bantuan tak ternilai yang diberikan oleh BMGF dalam hal itu," bunyi pernyataan Pakistan.

Gates menanggapi dengan menegaskan bahwa Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) akan terus membantu pemerintah Pakistan untuk membantu memastikan bahwa tidak ada anak yang berisiko lumpuh karena polio.

Pakistan telah berjalan lebih dari setahun tanpa satu pun kasus polio baru – suatu prestasi yang dipuji Gates setelah melakukan perjalanan ke Islamabad untuk bertemu dengan mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan pada Februari lalu.

Namun para pejabat bulan ini mengkonfirmasi infeksi baru pertama dalam 15 bulan setelah bocah itu lumpuh karena virus di distrik Waziristan Utara.

Parlemen Pakistan memilih Sharif sebagai perdana menteri awal bulan ini, setelah Khan digulingkan dalam mosi tidak percaya.

Pakistan telah melalui perjuangan berat untuk menginokulasi anak-anak terhadap polio, sebagian karena klaim bahwa kampanye vaksinasi di negara itu adalah bagian dari konspirasi Barat untuk mensterilkan anak-anak.

Militan telah menargetkan petugas kesehatan masyarakat dan polisi yang melindungi mereka untuk mengganggu upaya vaksin. Seorang pekerja wanita yang memberikan suntikan polio di Pakistan barat laut ditembak dan dibunuh bulan lalu. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA