Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amerika Siap Bantu Taiwan Mempertahankan Diri dari Serangan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 27 April 2022, 12:14 WIB
Amerika Siap Bantu Taiwan Mempertahankan Diri dari Serangan China
Menteri Luar Negeri Antony Blinken /Net
rmol news logo Komitmen Amerika Serikat untuk berdiri mendukung Taiwan, termasuk menghadang serangan China kembali ditegaskan Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Rabu (26/4) waktu setempat.

Di hadapan Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Blinken mengatakan Washington akan melakukan segala dayanya untuk memastikan bahwa Taiwan dapat menahan serangan potensial, dengan mendukung industri militer dalam negerinya, mempercepat “transfer pihak ketiga,” dan membantu pulau itu meningkatkan kemampuan pencegahan “asimetris”.

“Ketika menyangkut Taiwan sendiri, kami bertekad untuk memastikan bahwa Taiwan memiliki semua sarana yang diperlukan untuk mempertahankan diri dari segala potensi agresi, termasuk tindakan sepihak oleh China untuk mengganggu status quo yang telah ada selama beberapa dekade,” kata Blinken, seperti dikutip dari AFP, Rabu (27/4).  

Blinken mencatat bahwa AS telah membuat atau memfasilitasi hampir 20 miliar dolar AS dalam penjualan senjata dan 2,5 miliar dolar dalam penjualan komersial langsung ke Taiwan sejak 2017.

“Kami telah mempercepat transfer pihak ketiga ke Taiwan," katanya.

“Kami telah mendukung kemampuan pertahanan industri dalam negeri. Dan kami fokus untuk membantu mereka berpikir tentang bagaimana memperkuat kemampuan asimetris, sekali lagi sebagai pencegah," lanjut Blinken.

Sementara itu ketua komite, Senator Bob Menendez, memperingatkan bahwa jika China ingin merebut Taiwan, ia akan mendapatkan cengkeraman di pasar semikonduktor kelas atas dunia. Dia memperkirakan bahwa Taiwan memproduksi 90 persen dari semua semikonduktor kelas atas secara global.

“Jika, pada kenyataannya, China dapat menguasai dan mengambil Taiwan dan sekarang memiliki kendali atas 90 persen semikonduktor dunia, dunia akan berada dalam dunia yang terluka,” kata Menendez.

Dia menambahkan bahwa kegagalan untuk membantu Taiwan akan mengirim pesan ke sekutu AS dan calon sekutu di kawasan itu, yang akan mengatakan, "Jika mereka tidak melakukannya untuk Taiwan, mereka tidak akan melakukannya untuk kita'.”

Blinken setuju dan mencatat bahwa Washington memiliki keunggulan teknologi atas Beijing pada semikonduktor paling canggih. Dia mengatakan pemerintahan Presiden Joe Biden bekerja dengan Taiwan, Jepang, Belanda dan negara-negara lain untuk memastikan bahwa ketika sampai pada semikonduktor kelas atas bahwa mereka tidak ditransfer ke China atau China tidak mendapatkan teknologi untuk memproduksinya.

Hubungan AS dengan China telah memburuk sejak Rusia melancarkan serangan militernya terhadap Ukraina pada Februari, karena sejauh ini Washington tidak dapat membujuk Beijing untuk membantu kekuatan Barat menghukum dan mengisolasi Moskow.

Dalam sidang hari Selasa, Blinken mengatakan kepada para senator bahwa China "membayar biaya reputasi," terutama di Eropa, karena hanya diam ketika Rusia melakukan agresi terhadap Ukraina.

China telah menyalahkan AS dan sekutu NATO-nya karena menghasut krisis Ukraina dengan melanggar janji untuk tidak memperluas aliansi ke timur setelah Uni Soviet runtuh pada tahun 1991, dan telah menyerukan pembicaraan damai untuk mengakhiri konflik.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA